Trump akan Kunjungi Wilayah Terdampak Kebakaran Hutan
Sejumlah tenda pengungsian dihuni para korban Camp Fire di California, AS, 16 November 2018. (Foto: AFP/JUSTIN SULLIVAN)
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan mengunjungi wilayah terdampak kebakaran hutan di California pada hari ini, Sabtu 17 November 2018. Trump akan mengamati dampak kerusakan dan juga menyapa sejumlah korban selamat.

Dalam wawancara dengan kantor berita Fox News menjelang kunjungan, Trump kembali menyinggung klaimnya bahwa kebakaran hutan California ini disebabkan buruknya manajemen dinas kehutanan setempat.

Dia juga mengakui bahwa perubahan iklim mungkin juga telah "sedikit" berkontribusi terhadap munculnya kebakaran hutan.


"Perlu ada manajemen kehutanan yang baik. Harus ada," ujar Trump kepada Fox. "Saya tidak mengatakan ini dalam lingkup negatif, tapi positif -- saya hanya mengatakan fakta apa adanya," lanjut dia.

Otoritas California menyebut kebakaran bernama Camp Fire telah membakar 59 ribu hektare lahan. Hingga Jumat 16 November, Camp Fire telah 50 persen dikuasai petugas pemadam.

Sejauh ini 47.200 orang telah dievakuasi dari kebakaran hutan di California, dan hampir 1.200 lainnya tinggal di tempat penampungan sementara.

Sementara jumlah korban tewas kebakaran hutan di California mencapai 59 orang, dengan lebih dari 1.000 lainnya dinyatakan hilang.

Kota yang menjadi sorotan dalam kebakaran hutan kali ini adalah Paradise. Paradise, kota yang dihuni banyak pensiunan, dilanda musim kering yang tidak biasa sepanjang tahun ini. Usai dilanda Camp Fire, hampir tidak terlihat ada tanda-tanda kehidupan di kota tersebut.

Kebakaran hutan di California menghanguskan lebih dari 7.100 rumah sejak Kamis pekan lalu. Salah satu rumah yang terbakar diketahui milik penyanyi Milley Cyrus.

Baca: Kebakaran California, Kota 'Surga' Berubah Jadi 'Neraka'



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id