Pete Buttigieg (kanan) dan Bernie Sanders. (Foto: AFP/JOSEPH PREZIOSO/TIMOTHY A. CLARY)
Pete Buttigieg (kanan) dan Bernie Sanders. (Foto: AFP/JOSEPH PREZIOSO/TIMOTHY A. CLARY)

Buttigieg Menang Tipis dari Sanders di Kaukus Iowa

Internasional amerika serikat Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 10 Februari 2020 09:17
Iowa: Kandidat calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Pete Buttigieg menang tipis dalam kaukus Iowa. Ia berhasil meraih 14 delegasi, unggul tipis dari senator Bernie Sanders yang mendapatkan 12.
 
Hasil kaukus Iowa ini sempat mendapat sorotan karena tertunda beberapa hari.
 
"Kami akan meminta Partai Demokrat di Iowa untuk menyisir ulang perbedaan (suara) yang telah kami identifikasi," ucap manajer tim kampanye Sanders, Faiz Shakir, kepada kantor berita CNN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari perspektif kami, penghitungan suara di Iowa ditangani secara tidak kompeten," lanjut dia, seperti dikutip dari laman AFP, Senin 10 Februari 2020.
 
Ketua nasional partai Demokrat telah memerintahkan sebuah kajian terhadap hasil kaukus di Iowa. Perintah dikeluarkan usai munculnya sejumlah laporan mengenai masalah teknologi dan akurasi proses penghitungan suara di kaukus Iowa.
 
Sementara itu, senator Elizabeth Warren meraih delapan delegasi, mantan presiden Joe Biden enam dan Amy Klobuchar satu dalam kaukus Iowa yang digelar pekan kemarin.
 
Semua delegasi dari Iowa ini nantinya akan dikirim ke konvensi Partai Demokrat pada Juli mendatang untuk menentukan capres yang akan menghadapi Donald Trump. Pemilihan umum presiden AS dijadwalkan berlangsung November 2020.
 
Sebelumnya, Sanders mengaku optimistis dapat berjaya dalam kaukus Iowa. Hari ini menandai awal dari berakhirnya (kepemimpinan) Donald Trump," ungkap dia kala itu.
 
Republik hampir dipastikan akan mendukung petahana Donald Trump sebagai capres. Sementara kubu Demokrat belum dapat menentukan pilihan dari 11 kandidat yang ada.
 
Untuk menjadi seorang capres dari Demokrat, seorang kandidat harus mendapat dukungan minimal 1.991 delegasi dari negara-negara bagian di AS.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif