Banyak penjara di Venezuela yang sudah terlampau padat, (Foto: Bertrand Parres/AFP/Getty Images)
Banyak penjara di Venezuela yang sudah terlampau padat, (Foto: Bertrand Parres/AFP/Getty Images)

Bentrok dengan Polisi, Puluhan Narapidana Venezuela Tewas

Internasional venezuela kerusuhan penjara
Willy Haryono • 25 Mei 2019 12:33
Acarigua: Sebanyak 29 narapidana tewas dan 19 polisi terluka dalam bentrokan di sebuah penjara di kota Acarigua, negara bagian Portuguesa, Venezuela.
 
Otoritas setempat menyebut bentrokan dipicu percobaan melarikan diri, namun sejumlah grup hak asasi manusia menganggapnya sebagai sebuah pembantaian.
 
"Ada percobaan melarikan diri dan perkelahian pun terjadi antara geng (rival)," kata Menteri Keamanan Portuegesa, Oscar Valero, kepada awak media.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat polisi mengintervensi percobaan melarikan diri itu, 29 orang dilaporkan tewas," lanjut dia, dilansir dari laman Guardian, Sabtu 25 Mei 2019.
 
Valero menyebut sejumlah narapidana meledakkan tiga granat yang melukai 19 aparat keamanan. Kementerian Informasi Venezuela belum mengeluarkan pernyataan resmi kepada awak media.
 
Venezuelan Prisons Observatory, salah satu grup penegak HAM, mempertanyakan kronologis versi otoritas Portuegesa. Menurutn kepala grup tersebut, Humberto Prado, jika terjadi konfrontasi, lalu mengapa korban tewas hanya berasal dari kelompok narpaidana.
 
"Dan jika para narapidana memiliki senjata, mengapa senjata itu bisa masuk ke sana?" tanyanya lagi.
 
Bentrokan di penjara di Acarigua ini terjadi di sebuah area khusus. di area itu, polisi dapat menahan orang selama 48 jam sembari menunggu proses dakwaan dari pengadilan.
 
Namun mereka yang ditahan di sana dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan karena padatnya sejumlah penjara di Venezuela.
 
Pada 2018, kericuhan yang berujung kebakaran di penjara di kota Valencia menewaskan sedikitnya 78 orang.
 
Baca:Bentrokan di dalam Penjara Venezuela, 68 Tahanan Tewas

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif