Kedubes Kanada yang berada di Beijing. (Foto: AFP)
Kedubes Kanada yang berada di Beijing. (Foto: AFP)

Kanada Keluarkan Imbauan Perjalanan ke Tiongkok

Internasional tiongkok politik kanada
Sonya Michaella • 15 Januari 2019 16:13
Ottawa: Pemerintah Kanada mengeluarkan travel advice atau imbauan perjalanan ke Tiongkok, untuk warganya. Imbauan ini dikeluarkan setelah ada satu warga Kanada dihukum mati di Tiongkok karena tuduhan penggunaan narkoba.
 
"Risiko yang besar jika Anda pergi ke Tiongkok karena adanya penegakan hukum lokal yang sewenang-wenang. Kami terus menyarankan semua warga Kanada yang melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk berhati-hati," sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Kanada, dikutip dari Guardian, Selasa 15 Januari 201
 
Pengadilan Tiongkok menjatuhkan vonis dari 15 tahun penjara ke hukuman mati kepada Robert Lloyd Schellenberg, setelah ia mengajukan banding pada Desember 2018 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengadilan menyebutkan bahwa Schellenberg memainkan peran penting dalam operasi perdagangan dan penyelundupan narkoba ke Australia.
 
Hubungan Kanada dan Tiongkok memang sedang renggang. Diawali dengan penangkapan Direktur Huawei Meng Wanzhou di Vancouver. Membalas penangkapan Meng, Tiongkok akhirnya menahan dua warga Kanada yang bekerja di Beijing.
 
Sejumlah media pemerintah Tiongkok memberitakan bahwa tak ada hubungannya vonis Schellenberg dengan penangkapan Meng. Sementara, para pakar menilai Beijing menggunakan kasus Schellenberg untuk menekan Ottawa.
 
Schellenberg merupakan seorang mantan pegawai di ladang minyak. Ia ditahan sejak 2014 karena diduga menyelundupkan 225 kilogram metamfetamin ke Australia. Obat-obatan terlarang tersebut disembunyikan di ban.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif