Trump Minta Arab Saudi Jelaskan Kasus Hilangnya Jurnalis
Demo di depan Kedubes Arab Saudi di Washington DC. (Foto: AFP)
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta Arab Saudi segera menjelaskan perihal hilangnya Jamal Khashoggi, seorang jurnalis The Washington Post, di Istanbul, Turki.

Pekan lalu, Khashoggi menghilang hingga sekarang, setelah masuk ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul untuk mengurus berkas-berkas.

"Saya sudah berbicara dengan Arab Saudi. Saya meminta mereka selesaikan kasusu ini. Kita tidak bisa membiarkan ini terjadi kepada pers," kata Trump, dikutip AFP, Kamis 11 Oktober 2018.


Baca: Tunangan Jurnalis Arab Saudi Minta Bantuan ke Trump

Sementara itu, Trump juga menerima surat dari 20 senator. Ia diminta untuk membuka penyelidikan berdasarkan UU Akuntabilitas Hak Asasi Manusia Global.

Tindakan tersebut digunakan dalam kasus-kasus yang dicurigai sebagai pembunuhan di luar hukum, penyiksaan dan pelanggaran berat lainnya terhadap HAM.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengatakan bahwa Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan menantu Trump, Jared Kushner sudah berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman soal kasus ini.

Baca: Wartawan Arab Saudi Pengkritik Pemerintah Hilang di Turki

Sejak kasus ini mencuat, otoritas Turki sekaligus Presiden Recep Tayyip Erdogan menduga bahwa Khashoggi dibunuh di dalam konsulat. Turki pun menggelar penyelidikan menyeluruh konsulat dan sekitarnya.

Namun, hingga hari ini belum ditemukan jejak Khashoggi apakah ia dibunuh atau tidak.




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id