Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dituduh melanggar hukum konflik kepentingan. Foto: AFP.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dituduh melanggar hukum konflik kepentingan. Foto: AFP.

PM Kanada Langgar Hukum Konflik Kepentingan

Internasional politik kanada Justin Trudeau
Arpan Rahman • 15 Agustus 2019 18:10
Ottawa: Perdana Menteri Justin Trudeau dituduh melanggar hukum konflik kepentingan negara. Ia menekan mantan jaksa agung untuk membantu perusahaan SNC-Lavalin Group Inc menyelesaikan tuduhan korupsi di luar pengadilan, menurut peraturan pengawas etika Kanada.
 
Karena perusahaan teknik yang berbasis di Montreal itu akan mendapat manfaat finansial dari upaya Trudeau, tindakan perdana menteri itu bertentangan dengan undang-undang, Komisaris Etika Mario Dion mengatakan dalam sebuah laporan yang dirilis Rabu di Ottawa.
 
Teguran pengawas itu merupakan pukulan telak bagi Trudeau, hanya 10 pekan menjelang pemilu Oktober, dan akan membawa fokus baru pada skandal yang paling merusak dari administrasi Partai Liberal-nya. PM Kanada melihat popularitasnya merosot tahun ini di tengah tuduhan campur tangan peradilan, meskipun jumlah jajak pendapat baru-baru ini pulih, ketika kontroversi diselesaikan selama musim panas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dion menyimpulkan Trudeau dan stafnya menekan mantan jaksa agung, Jody Wilson-Raybould, agar campur tangan dalam kasus hukum yang melibatkan SNC. Pemimpin Kanada itu mengklaim dia tidak melakukan kesalahan dan hanya berupaya melindungi pekerjaan, tetapi skandal itu menyebabkan dia kehilangan dua menteri kabinet terkemuka, termasuk Wilson-Raybould, dan asisten utamanya.
 
Laporan tersebut tidak menguraikan sanksi apa pun terkait keputusan tersebut. "Terserah Perdana Menteri untuk menerapkan tindakan lebih lanjut," katanya, disitir dari TIME, Rabu 14 Agustus 2019.
 
Dion menyebut tindakan Trudeau ‘menyusahkan,’ dan mengatakan bukti menunjukkan setidaknya pada empat kesempatan terpisah bahwa kepentingan politik diupayakan kepada Wilson-Raybould, langsung atau tidak langsung.
 
"Wewenang Perdana Menteri dan kantornya digunakan buat menghindari, melemahkan, dan akhirnya berupaya mendiskreditkan keputusan Direktur Penuntutan Publik serta wewenang Wilson?Raybould sebagai kepala pejabat hukum Crown," kata komisaris tersebut dalam laporan.
 
Ini bukan kali pertama Trudeau melanggar aturan. Dalam keputusan terpisah 2017, komisaris etika menemukan Trudeau melanggar aturan ketika dia dan keluarganya berlibur di sebuah pulau yang dimiliki oleh Aga Khan.
 
Dalam sebuah cuitan, Pemimpin Konservatif Andrew Scheer menegur Trudeau karena menjadi perdana menteri pertama dalam sejarah yang dinyatakan bersalah melanggar undang-undang etika federal.
 
Rata-rata jajak pendapat yang digelar Canadian Broadcasting Corp menunjukkan partai Konservatif dan Liberal secara statistik terikat pada niat pemilih. Setelah membuntuti kaum Liberal selama empat tahun terakhir, kaum Konservatif memimpin sebanyak tujuh poin persentase pada satu titik di musim panas ini.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif