Diktator Nazi Adolf Hitler. (Foto: Getty)
Diktator Nazi Adolf Hitler. (Foto: Getty)

Telegram Berisi Pesan Penting untuk Adolf Hitler Dilelang

Internasional nazi
Willy Haryono • 06 Juli 2015 17:13
medcom.id, Maryland: Sebuah telegram untuk diktator Nazi Adolf Hitler dari wakilnya Herman Goering di masa-masa terakhir Perang Dunia II akan segera dilelang.
 
Goering mengirim pesan itu kepada sang Fuehrer pada 23 April 1945. Ia meminta izin untuk meneruskan kepemimpinan Nazi, saat Hitler sedang bersembunyi dari serangan sekutu di sebuah bunker di Berlin.
 
Telegram itu membuat Hitler murka. Ia langsung mencopot Goering dari jabatannya sebagai wakil pimpinan. Hitler kemudian menunjuk Admiral Karl Doenitz sebagai penerus kepemimpinan Nazi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekan depan, telegram ternama itu akan dilelang di Amerika Serikat dengan perkiraan harga melebihi GBP15 ribu atau setara Rp311 juta.
 
Balai Lelang Alexander Historical akan melelangnya pada Selasa besok. Telegram itu, yang diambil sekretaris Hitler Martin Bormann, ditemukan di sebuah bunker di Berlin oleh seorang prajurit AS setelah runtuhnya Nazi pada 8 Mei 1945.
 
Kapten Benjamin Bradin menemukannya di tengah tumpukan dokumen Borman. Berikut isi telegram tersebut, seperti dikutip Mirror.co.uk, Minggu (5/7/2015):
 
Fuhrer!
 
Seiring keputusan Anda untuk tetap berada di markas Berlin, apakah Anda setuju jika saya mengambil kepemimpinan Reich secara total, dengan kebebasan penuh di dalam dan luar negeri, sesuai dengan dekrit Anda pada 29 Juni 1941?
 
Jika telegram balasan tidak diterima pukul 10 malam ini, Saya akan menganggap Anda telah kehilangan kebebasan bertindak, dan menganggap persyaratan dalam dekrit Anda telah terpenuhi, dan akan mengambil kebijakan terbaik bagi negara dan warga kita.
 
Anda tahu bagaimana perasaan Saya kepada Anda dalam momen terburuk dalam hidup saya ini. Kata-kata tak dapat mengekspresikan perasaan saya. Semoga Tuhan melindungi Anda.
 
Bawahan Anda yang setia
 
Herman Goering

 
Hitler marah besar dan menyuruh Bormann menulis telegram balasan, yang menyebut Goering telah melakukan "tindakan pengkhianatan."
 
Walaupun hukuman untuk pengkhianat Nazi adalah kematian, Goering diampuni Hitler karena sudah mengabdi lama.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif