Foto yang dirilis CIA pada 1 November 2017 memperlihatkan Hamza bin Laden. (Foto: AFP/FEDERATION FOR DEFENSE OF DEMOCRACIES)
Foto yang dirilis CIA pada 1 November 2017 memperlihatkan Hamza bin Laden. (Foto: AFP/FEDERATION FOR DEFENSE OF DEMOCRACIES)

Trump Konfirmasi Kematian Anak Osama bin Laden

Internasional amerika serikat osama bin laden
Arpan Rahman • 15 September 2019 11:00
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengonfirmasi kematian Hamza bin Laden, anak dari pendiri grup al-Qaeda, Osama bin Laden. Hamza disebut Trump tewas dalam sebuah operasi kontra-terorisme di wilayah Afghanistan-Pakistan.
 
Sejumlah media AS melaporkan sekitar sebulan lalu bahwa Hamza telah tewas dalam sebuah operasi yang melibatkan AS. Terdapat rumor bahwa Hamza tewas pada bulan Agustus.
 
Bulan lalu, Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengisyaratkan bahwa Hamza, yang diperkirakan berusia sekitar 30-an tahun, sudah tewas. Namun, Trump baru mengonfirmasi ucapan Esper tersebut pada Sabtu 14 September, tiga hari usai peringatan serangan teroris 9/11.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hamza bin Laden, anggota al-Qaeda dan anak dari Osama bin Laden, tewas dalam operasi kontra-terorisme di wilayah Afghanistan/Pakistan," ucap Trump dalam pernyataan singkat yang dirilis Gedung Putih, dilansir dari Sky News, Minggu 15 September 2019.
 
"Kematian Hamza bin Laden tidak hanya menurunkan kepemimpinan al-Qaeda, tapi juga memperlemah aktivitas grup tersebut," sambungnya. Pernyataan Gedung Putih tidak menyebutkan detail lainnya.
 
Senator Lindsey Graham dari Partai Republik menyambut baik konfirmasi Trump. "Kematian ini merupakan sinyal kuat bahwa Amerika akan terus memburu teroris demi melindungi keamanan nasional," tulisnya di Twitter.
 
Februari lalu, Kementerian Luar Negeri mengumumkan uang hadiah USD1 juta (setara Rp13,9 miliar) kepada siapapun yang dapat memberikan informasi krusial mengenai Hamza. Menurut AS, Hamza yang merupakan anak ke-15 Osama "muncul sebagai sosok pemimpin al-Qaeda" usai kematian ayahnya.
 
Masih dari keterangan Kemenlu AS, Hamza telah menikah dengan anak perempuan dari Abdullah Ahmed Abdullah, seorang tokoh senior al-Qaeda. Hamza dinilai bertanggung jawab atas sejumlah seruan serangan terhadap AS dan beberapa negara lainnya.
 
Hingga saat ini, al-Qaeda belum merespons klaim AS mengenai kematian Hamza.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif