Protes Sudah Mewarnai Argentina Jelang KTT G20
Polisi Argentina persiapkan keamanan di sekitar Buenos Aires jelan KTT G20. (Foto: AFP).
Buenos Aires: Ribuan orang mengambil bagian dalam protes terhadap pelaksanaan KTT G20 di Ibu Kota Argentina Buenos Aires. Aksi protes diperkirakan akan semakin marak saat KTT G20 dimulai Jumat 30 November.

Baca juga: Jelang KTT G20, Argentina Lakukan Operasi Keamanan.

“Para pedemo berbaris di sepanjang jalan-jalan kota membawa spanduk dengan slogan memprotes KTT. Mereka juga menentang Dana Moneter Internasional (IMF) dan pemerintahan Presiden Argentina Mauricio Macri," laporan dari media setempat, yang dikutip Sputnik, Kamis, 29 November 2018.


Beberapa organisasi masyarakat Argentina juga ikut ambil bagian dalam demonstrasi. Adapun protes Kamis 29 November ini dilakukan oleh kelompok aktivis MOCASE Via Campesina. Mereka mengumpulkan sekitar 50.000 orang di stadion.

Menurut laporan media, protes terhadap KTT G20 akan berlanjut hingga Jumat. KTT G20 akan diadakan di Buenos Aires pada Jumat 30 November dan Sabtu 1 Desember 2018.

Beberapa kepala negara dari kekuatan besar dan menengah turut hadir dalam kegiatan ini. Salah satu perhatian utama dalam KTT tahun ini adalah perang tarif yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Baca juga: KTT G20 Dihiasi Isu Khashoggi Hingga Krisis Krimea.

Selain isu ekonomi, beberapa isu lainnya juga menyelimuti pertemuan ini. Antara lain kehadiran Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman di tengah-tengah kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Kemudian juga krisis di Krimea antara Rusia dengan Ukraina yang membuat Presiden Donald Trump urung menemui Presiden Vladimir Putin di sela-sela KTT. Tetapi pihak Kremlin sudah memastikan pertemuan itu akan tetap berlangsung sesuai jadwal.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id