Senat AS sepakat untuk cegah terjadinya shutdown kedua. (Foto: AFP);
Senat AS sepakat untuk cegah terjadinya shutdown kedua. (Foto: AFP);

Senat AS Capai Kesepakatan Cegah Shutdown Kedua

Internasional pemerintahan as
Fajar Nugraha • 12 Februari 2019 12:59
Washington: Anggota Senat Amerika Serikat (AS) sepakat untuk mencegah terjadinya shutdown atau penutupan pemerintah baru. Mereka sepakat pendanaan baru untuk pemerintah.
 
Guna menghindari penutupan pemerintah baru pada akhir minggu, senator mengumumkan Senin, termasuk USD1,375 miliar untuk tembok di perbatasan AS selatan.
 
"Kami pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan antara kami tentang Keamanan Dalam Negeri dan enam undang-undang lainnya," kata Senator Richard Shelby, seorang negosiator dari Partai Republik, seperti dikutip AFP, Selasa, 12 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para ajudan dari anggota kongres senior mengatakan kepada AFP bahwa perjanjian itu termasuk USD1,375 miliar dalam pendanaan untuk tembok di perbatasan AS-Meksiko. Tembok ini merupakan janji kampanye utama Presiden Donald Trump, yang telah menuntut USD5,7 miliar untuk proyeknya.
 
Angka yang disepakati akan mendanai sekitar 89 kilometer, yang akan berlokasi di daerah Rio Grande Valley di Texas selatan. Kesepakatan itu masih harus mendapatkan persetujuan Gedung Putih.
 
Partai Demokrat dan Trump telah berselisih selama berminggu-minggu karena mendanai tembok penghalang imigran gelap. di perbatasan. Kemacetan memicu penutupan pemerintah terpanjang dalam sejarah AS.
 
Penutupan itu pun berakhir 25 Januari ketika Trump menandatangani undang-undang kesepakatan yang memberi anggota parlemen tiga minggu untuk membuat kesepakatan, atau menghadapi kelumpuhan lebih lanjut.
 
Ketika kesepakatan tentatif Senin diumumkan, presiden mengadakan rapat umum di kota perbatasan El Paso, Texas. Di tempat ini Trump mengklaim tembok telah memberantas masuknya para penjahat dari Meksiko yang tidak terkendali.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif