Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Urusan Politik David Hale di Kemenlu RI Jakarta, 29 April 2019. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Urusan Politik David Hale di Kemenlu RI Jakarta, 29 April 2019. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

AS Dukung Indonesia yang Akan Jadi Presiden DK PBB

Internasional indonesia-as indonesia-pbb
Sonya Michaella • 29 April 2019 16:12
Jakarta: Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Urusan Politik David Hale mengapresiasi presidensi Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) Mei mendatang. Dukungan itu diucapkan saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, hari ini.
 
Baca juga: Mei 2019, Indonesia Jadi Presiden DK PBB.
 
“Saya mengapresiasi dan mendukung posisi Indonesia juga presidensi Indonesia di DK PBB mendatang. Komitmen Indonesia sangat kuat di berbagai isu, termasuk pasukan perdamaian,” kata Hale di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya juga mengapresiasi Indonesia dapat menjadi pemimpin yang baik di beberapa organisasi terutama pandangan Indonesia soal toleransi,” lanjut dia.
 
Hale mencontohkan aksi Indonesia saat membantu menangani konflik di Rakhine State, Myanmar dan kamp penahanan Muslim Uighur. Dia menganggap, di sini lah Indonesia menunjukkan sebagai negara yang multikultural dan mengutamakan toleransi.
 
Berbicara soal hubungan bilateral, Hale berharap hubungan kerja sama antara AS dan Indonesia terus berkembang. Pasalnya, tahun ini merupakan peringatan 70 tahun hubungan bilateral AS dan Indonesia.
 
“Kami sangat bangga dengan hubungan kerja sama kami dengan Indonesia. Sangat kuat dan saling mendukung. Kami harap, di peringatan 70 tahun ini, hubungan kami terus meningkat,” ucap Hale.
 
AS dan Indonesia, ucap dia, juga harus bekerja sama untuk terus berbagi informasi dan pengertian akan toleransi.
 
“Di sejumlah bidang, saya dan Menlu Retno juga membahas soal peningkatan kerja sama ekonomi, pemerintahan dan keamanan,” ungkapnya.
 
Sebelum bertemu dengan Menlu Retno di Kemenlu RI, Hale menyempatkan diri untuk mengunjungi ASEAN Secretariat dan berjumpa dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi serta beberapa duta besar perwakilan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif