Tak Satu Pemikiran jadi Alasan Trump Pecat Tillerson
Trump sebut tak sepemikiran dengan Tillerson. (Foto:CNBC).
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengungkapkan alasan dirinya memecat Rex Tillerson dari posisi menteri luar negeri.

"Sebenarnya, kami bekerja dengan baik, namun ada beberapa hal yang saya pikir kami tidak sepikiran," ucap Trump, seperti dilansir dari BBC, Rabu 14 Maret 2018.

"Seperti halnya pada kesepakatan Iran, saya pikir itu mengerikan, namun saya kira dia (Rex) pikir tidak apa-apa," terangnya.


Trump mengaku dia ingin memecahkan masalah kesepakatan nuklir Iran, namun hal tersebut tidak akan terjadi bila dia tidak bekerja bersama orang yang satu pemikiran.

Meski pun demikian, dia mengatakan Tillerson seorang sahabat yang baik. "Rex orang yang sangat baik, saya sangat menyukainya," tutur dia.

Sementara itu, Trump mengatakan pengganti Tillerson, Mike Pompeo, memiliki pikiran yang sejalan dengan dirinya.

"Dengan Mike Pompeo, kami memiliki proses berpikir yang sangat mirip. Saya pikir ini akan berjalan dengan baik," katanya.

Tillerson adalah nama terakhir dalam daftar panjang pejabat senior yang mengundurkan diri atau dipecat Trump saat dia mulai menjabat. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri AS mengatakan Tillerson tak berbicara dengan Presiden sebelum pemecatan terjadi.

Dalam konferensi pers, Tillerson mengatakan dia menerima telepon Trump dari Air Force One, setelah tiga jam Trump mengumumkan pemecatannya lewat Twitter. Dia menuturkan akan menyelesaikan masa jabatannya pada 31 Maret mendatang dan akan kembali menjalani hidup sebagai warga negara biasa.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id