Kebakaran hutan yang melanda California menghancurkan rumah warga. Foto: AFP
Kebakaran hutan yang melanda California menghancurkan rumah warga. Foto: AFP

Tak Ada WNI Jadi Korban Kebakaran di California

Internasional amerika serikat kebakaran hutan wni
Marcheilla Ariesta • 28 Oktober 2019 18:35
Jakarta: Kebakaran hutan di California, Amerika Serikat membuat puluhan ribu orang dievakuasi. Hingga saat ini, tidak ada laporan korban jiwa, termasuk warga negara Indonesia (WNI).
 
"Tak ada laporan adanya WNI jadi korban (kebakaran)," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, di Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.
 
Meski demikian, imbauan tetap dikeluarkan oleh Konsulat Jenderal RI di San Francisco lewat media sosial, Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kepada seluruh WNI, dengan terjadinya peristiwa kebakaran hutan (Kincade fire) yang terjadi di Sonoma County, diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian," kata KJRI San Francisco.
 
"Sekiranya diperlukan bantuan, WNI di San Francisco Bay Area dan sekitarnya dapat menghubungi Hotline KJRI San Francisco 24/7 di (415) 8750793," imbuh mereka.
 
Saat ini, Gubernur Gavin Newsom mendeklarasikan status darurat di seantero California, di tengah kebakaran hutan yang melanda banyak wilayah di salah satu negara bagian Amerika Serikat tersebut.
 
Status darurat diterapkan saat ribuan warga California diminta mengungsi, dan lebih dari dua juta lainnya kehilangan aliran listrik. Pemadaman sengaja dilakukan demi mencegah terjadinya hubungan pendek arus listrik.
 
Kebakaran terbesar dari enam titik api di California utara -- dinamakan Kincade Fire -- dimulai sejak Rabu 23 Oktober, yang saat ini sudah melalap sekitar 12.140 hektare lahan. Hingga Minggu 27 Oktober pagi waktu setempat, petugas pemadam baru dapat mengendalikan 10 persen dari total cakupan kebakaran.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif