Direktur Secret Service Randolph Alles. (Foto: AFP)
Direktur Secret Service Randolph Alles. (Foto: AFP)

Trump Copot Direktur Secret Service AS

Internasional amerika serikat pemerintahan as
Sonya Michaella • 10 April 2019 10:35
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump gencar merombak sejumlah pejabat lembaga yang berada di bawah Kementerian Keamanan Dalam Negeri. Salah satunya adalah Direktur Secret Service Randolph Alles.
 
"Presiden Trump berterima kasih atas jasanya kepada negara selama lebih dari 40 tahun. Alles juga telah melakukan pekerjaan dengan baik selama dua tahun terakhir di bawah administrasi Presiden Trump," kata pernyataan Gedung Putih, Rabu 10 April 2019.
 
Dilansir dari laman Guardian, posisi Alles pun akan digantikan James M. Murray yang mulai resmi bekerja sebagai Direktur Secret Service pada Mei nanti. Pemilihan ini dilakukan langsung oleh Trump.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perombakan ini terjadi sepekan setelah Kepala Badan Keamanan Dalam Negeri AS Kirstjen Nielsen mengundurkan diri. Posisi Nielsen pun akan digantikan sementara oleh Komisioner Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Kevin McAleenan.
 
Dicopotnya Alles dari posisinya dikabarkan bermula dari permasalahan pribadi. Namun, tak satu pun pejabat Gedung Putih mengonfirmasi kebenaran kabar ini.
 
Trump dan Gedung Putih juga masih bungkam soal perombakan di Kementerian Keamanan Dalam Negeri yang tugasnya mengawasi masalah imigrasi dan keamanan perbatasan.
 
Imigran dan perbatasan juga masih menjadi isu hangat di politik AS. Bahkan, Trump mengatakan bahwa ia akan mengangkat isu keamanan perbatasan untuk pencalonannya kembali sebagai presiden di pilpres 2020.
 
Dalam pesannya, Alles menegaskan bahwa dia tidak dipecat. Dia menyatakan sedang dalam masa transisi sesuai perintah pimpinan dan ia harus menaatinya.
 
Secret Service bertugas sebagai pengawal presiden dan wakil presiden, serta sejumlah pejabat penting di AS. Tak hanya itu, mereka juga diberi kewenangan sebagai aparat keamanan dan menyelidiki kasus yang menyangkut keamanan negara.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif