Menhan AS Ashton Carter (Foto: AFP)
Menhan AS Ashton Carter (Foto: AFP)

Menhan Carter: Aliansi AS-Filipina Sangat Kuat

Internasional militer as
Arpan Rahman • 30 September 2016 11:46
medcom.id, San Diego: Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengatakan, bahwa aliansi Amerika dengan Filipina "kuat." Sehari sebelumnya, Presiden Filipina bersumpah mengakhiri latihan militer bersama mereka.
 
"Selama beberapa dekade, aliansi kita dengan Filipina begitu kuat," kata Carter, di hadapan awak kapal induk USS Carl Vinson, yang berlabuh di San Diego.
 
Pada Rabu 28 September, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan, akan segera berakhir latihan militer bersama dengan Amerika Serikat.
 
Langkah itu bisa mengurangi hubungan dengan sekutu lama Manila setelah pemimpin kontroversial tersebut menyebut Presiden AS Barack Obama sebagai "anak pelacur."
 
Berbicara di Hanoi selama kunjungan dua hari ke Vietnam, Duterte mengatakan latihan militer Oktober mendatang dengan Amerika akan menjadi yang terakhir.
 
"Aku akan memberitahu Anda sekarang, bahwa ini akan menjadi latihan militer gabungan Filipina-AS terakhir, yang terakhir," katanya dalam pidato di depan beberapa ratus warga Filipina yang menetap di Vietnam .
 
Sementara itu, Carter berada di San Diego dalam perjalanan ke Hawaii, di mana pada Jumat 30 September dirinya akan menjadi tuan rumah pertemuan antarmenteri pertahanan dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).
 
Dia tidak membahas Filipina lebih lanjut, kecuali memberi catatan bahwa Amerika Serikat akan terus mendukung modernisasi angkatan bersenjata Filipina, melalui Perjanjian Kerjasama Pertahanan yang disebut Enhanced.
 
Perjalanan Carter ke Hawaii kurang dari empat bulan masa pemerintahan Obama yang tersisa. Sebuah pertanyaan kunci pada pertemuan tersebut mengenai rencana masa depan AS untuk "menyeimbangkan" Asia, di mana Obama telah berusaha untuk menggeser fokus AS dari Timur Tengah menuju perkembangan pesat Asia.
 
Carter telah memperbaiki hubungan dengan Myanmar, Vietnam, dan Laos, sambil memperkuat blok regional ini dan memberikan keseimbangan atas ambisi regional Tiongkok.
 
Menhan Carter: Aliansi AS-Filipina Sangat Kuat
Presiden Filipina Rodrigo Duterte (Foto: AFP)
 
 
Negara-negara Asia Tenggara sangat prihatin dengan laju tekanan Tiongkok yang membangun basis militer di pulau-pulau kecil di Laut China Selatan dengan klaim yang mulai jauh lebih banyak atas jalur perairan penting secara strategis dan ekonomis ini.
 
Ditekankan Carter berulang kali dalam beberapa bulan terakhir, Angkatan Laut AS akan terus mengabaikan klaim teritorial Tiongkok dan tetap berlayar melalui perairan yang mengelilingi pulau-pulau tersebut.
 
"Hubungan AS-Tiongkok memiliki elemen kerjasama tetapi juga kompetisi," kata Carter, seperti dikutip Japan Times, Jumat (30/9/2016).
 
"Kami berharap Tiongkok memilih untuk bergabung dengan negara-negara di wilayah ini dalam memperkuat dan menegakkan prinsip-prinsip bersama yang telah membantu begitu banyak bangsa di seluruh kawasan, termasuk Tiongkok sendiri, agar meningkat dan sejahtera," kata Carter seraya menambahkan fokus Asia akan berlanjut di masa depan.
 
Terpisah, kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump, dalam persaingan ketat melawan calon Demokrat Hillary Clinton menjelang pemilihan November 8, telah menyebut perjanjian pertahanan bersama dengan Korea Selatan dan Jepang patut dipertanyakan.
 
Carter juga mengatakan, AS akan mempertajam apa yang disebut "sektor militer" untuk tetap menjadi kekuatan utama di kawasan Asia-Pasifik.
 
Janji itu ditebar Carter pada Kamis dalam sebuah pidato di San Diego. Pernyataan itu dilontarkan menjelang pertemuan Jumat di Hawaii dengan mitranya dari 10 negara Asia Tenggara.
 
Kepala Pentagon menjelaskan, tahap lanjutan dari poros AS ke Asia demi menyeimbangkan komitmen keamanan setelah bertahun-tahun fokus lebih berat ke Timur Tengah.
 
Dia mengatakan, Pentagon akan melancarkan serangan kapal selam yang lebih mematikan dan membiayai lebih banyak untuk membuat drone bawah laut yang dapat beroperasi di perairan dangkal di mana kapal selam tidak bisa.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif