Ivanka Trump, putri dari Presiden AS Donald Trump kemungkinan diincar untuk diselidiki Kongres. (Foto: AFP).
Ivanka Trump, putri dari Presiden AS Donald Trump kemungkinan diincar untuk diselidiki Kongres. (Foto: AFP).

Ivanka Trump jadi Incaran Penyelidikan Kongres AS

Internasional donald trump pemerintahan as
Fajar Nugraha • 05 Maret 2019 12:04
Washington: Putri dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yakni, Ivanka Trump kemungkinan menjadi target penyelidikan berikutnya dari Kongres AS. Namun untuk saat ini namanya tidak ada dalam dokumen yang dicari khususnya oleh anggota Kongres dari Partai Demokrat.
 
Tidak hanya Ivanka, beberapa penasihat terdekat Presiden Donald Trump, juga hilang dari daftar orang-orang yang diduga terlibat korupsi itu.
 
Pihak Demokrat mencari dokumen yang menyelidiki korupsi presiden dan mencakup siapa yang terlibat anggota keluarga Trump dan rekanannya. Tapi Ivanka Trump dihilangkan, meskipun mantan pengacara Trump, Michael Cohen mengatakan kepada anggota parlemen pekan lalu dia berkali-kali memberi penjelasan kepadanya tentang proyek pencakar langit Trump di Moskow.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juga absen dari daftar adalah mantan pejabat senior Gedung Putih, termasuk Kepala Staf John Kelly dan penasihat ekonomi Gary Cohn. Keduanya menghabiskan lebih dari setahun di lingkaran dalam Trump dan tampil menonjol dalam buku-buku dan akun lainnya yang diterbitkan tentang kondisi di Gedung Putih di masa pemerintahan Trump.
 
Ketua Komite Kehakiman House Jerrold Nadler mengatakan kepada CNN bahwa tidak ada yang boleh menarik kesimpulan hanya karena beberapa orang yang berafiliasi dengan administrasi Trump dan bisnis tidak dimasukkan dalam daftar awal.
 
"Yang kami minta pada saat ini adalah informasi yang telah mereka berikan sehingga dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa pertanyaan tentang hak istimewa (presiden)," kata Nadler kepada CNN, Selasa, 5 Maret 2019.
 
Demokrat mengatakan mereka telah berhati-hati untuk menghindari konflik dengan penyelidikan yang dilakukan penasihat khusus Robert Mueller terhadap campur tangan Rusia dalam pemilu AS 2016. Penyelidikan juga termasuk kemungkinan koordinasi dengan kampanye Trump, serta penyelidikan federal yang dipimpin oleh Kantor Pengacara AS di Manhattan.
 
"Kami dapat menambahkan orang lain. Dia (Ivanka) tidak ada dalam daftar awal, hanya itu yang bisa kami katakan," kata Nadler tentang Ivanka Trump. Dia mengatakan akan ada lebih banyak permintaan, yang mungkin melibatkan orang tambahan.
 
Ditanya apakah Ivanka Trump bisa masuk dalam daftar orang berikutnya dari siapa informasi dicari, anggota parlemen Demokrat itu mengatakan kepada CNN: "Tentu saja, saya tidak bisa mengatakannya. Cukup mungkin."
 
Nadler mengatakan kepada ABC pada hari Minggu bahwa Kelly juga bisa dimasukkan.
 
Komite Nadler bertujuan untuk menentukan apakah presiden dari Partai Republik menghalangi keadilan dengan kemungkinan menawarkan pengampunan atau merusak saksi dan dengan mengusir musuh yang dipersepsikan, seperti mantan Direktur FBI James Comey. Trump memecat Comey pada Mei 2017 saat ia memimpin investigasi campur tangan Rusia dalam pemilihan.
 
Penyelidikan pada akhirnya diambil alih oleh Mueller. Sementara Trump membantah melakukan kesalahan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif