Ilustrasi: Metrotvnews.com
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Sembunyikan Informasi Rahasia, Mantan Pejabat CIA Ditangkap

Arpan Rahman • 18 Januari 2018 18:45
Washington: Jerry Chun Shing Lee, alias Zhen Cheng Li, 53, mantan pejabat Badan Intelijen Pusat (CIA), ditangkap Rabu 17 Januari 2017. Ia dituduh menyembunyikan informasi pertahanan nasional Amerika Serikat (AS) secara tidak sah.
 
Dana J. Boente, Asisten Jaksa Agung untuk Keamanan Nasional dan Jaksa AS untuk Distrik Timur Virginia; dan Andrew W. Vale, Asisten Direktur Urusan Kantor Lapangan FBI Washington, membuat pengumuman ini. 
 
Seperti disitat Medcom.id, dari rilis Departemen Kehakiman AS kepada media, Kamis 18 Januari 2018, Lee ditangkap begitu tiba di Bandara Internasional John F. Kennedy di Queens, New York. 
 
Lee warga AS yang dinaturalisasi, saat ini berada di Hong Kong, Tiongkok. Menurut dokumen pengadilan, Lee mulai bekerja untuk CIA sebagai perwira kasus pada 1994, mengelola izin Sangat Rahasiadan menandatangani banyak perjanjian non-terbuka selama masa jabatannya di CIA.
 
Menurut dokumen pengadilan, pada Agustus 2012, Lee dan keluarganya meninggalkan Hong Kong, kembali ke AS, tinggal di Virginia utara. Sepulangnya ke AS, Lee dan keluarganya menginap di Hawaii dan Virginia. 
 
Selama di masing-masing hotel saat dia menginap, sejumlah agen FBI melakukan penggeledahan resmi atas perintah pengadilan terhadap kamar dan barang bawaan Lee. 
 
Mereka menemukan bahwa Lee memiliki materi yang tidak sah, terkait dengan pertahanan nasional. Secara khusus, para agen menemukan dua buku kecil berisi catatan tulisan tangan yang berisi informasi rahasia, termasuk daftar nama asli dan nomor telepon dari aset dan pegawai CIA rahasia, catatan operasional dari rapat, lokasi pertemuan operasional, dan lokasi fasilitas rahasia.
 
Lee akan tampil perdana, Kamis sore 18 Januari 2018, di Distrik Timur New York. Dia dituntut dengan retensi informasi pertahanan nasional yang tidak sah dan terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara, jika terbukti bersalah. 
 
Putusan hukum maksimum ditentukan oleh Kongres dan diumumkan di sini untuk tujuan informasi. Jika terbukti bersalah atas pelanggaran, hukuman terdakwa akan ditentukan oleh pengadilan setelah mempertimbangkan laporan Pedoman Hukuman dan faktor undang-undang lainnya. 
 
Pengaduan kriminal berisi tuduhan bahwa terdakwa sudah melakukan kejahatan. Setiap terdakwa dianggap tidak bersalah sampai dan jika terbukti bersalah di pengadilan.
 
Asisten Jaksa AS Neil Hammerstrom dari Distrik Timur Virginia dan Wakil Kepala Bagian Elizabeth Cannon dari Kontra Intelijen Nasional Bidang Keamanan dan Bagian Pengendalian Ekspor sedang menuntut kasus ini.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif