Trump Mendadak Batalkan Pertemuan dengan Putin di KTT G20
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Argentina untuk KTT G20. (Foto: AFP).
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba-tiba saja membatalkan rencana pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pembatalan disebabkan karena penolakan Rusia melepas kapal Angkatan Laut Ukraina.

"Berdasarkan fakta bahwa kapal-kapal dan pelaut belum kembali ke Ukraina dari Rusia, saya memutuskan akan lebih baik bagi semua pihak yang berkepentingan untuk membatalkan pertemuan saya yang sebelumnya dijadwalkan di Argentina dengan Presiden Vladimir Putin. Saya aka melihat kembali pertemuan di KTT segera setelah situasi ini diselesaikan! " kata Trump lewat akun Twitternya, dilansir dari CNN, Jumat 30 November 2018.

Trump mengumumkan pembatalan pertemuan kurang dari satu jam usai sebelumnya menuturkan waktu yang baik untuk bertemu Putin. CNN mengatakan cuitannya datang tak lama usai Trump naik Air Force One ke Buenos Aires untuk KTT G20.


Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders mengatakan Presidwn membuat keputusan itu usai berkonsultasi dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Kepala Staf John Kelly dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Dia menambahkan, tidak mengetahui adanya panggilan telepon antara Trump dan Putin usai pembatalan tersebut.

Sebelumnya, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia "mungkin" akan bertemu dengan Putin, meskipun ada insiden baru-baru ini di mana kapal Rusia menembaki dan menyita tiga kapal Ukraina dekat Krimea.

"Saya mungkin akan bertemu dengan Presiden Putin. Kami belum memutuskan pertemuan itu. Saya sedang memikirkannya, tetapi kami belum. Mereka ingin kita melakukannya. Saya pikir ini saat yang tepat untuk mengadakan pertemuan. Saya mendapatkan laporan lengkap di pesawat mengenai apa yang terjadi sehubungan dengan itu," katanya di Gedung Putih.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dalam perjalanan ke KTT G20 di Buenos Aires, menanggapi pembatalan Trump.

"Kami akan tetap hadir. Namun, sejauh ini kami hanya melihat cuitan dan laporan media. Kami belum mendapat informasi resmi. Dan jika ini kasusnya, kita akan memiliki beberapa jam tambahan untuk pertemuan berguna lainnya," pungkas dia.

Rusia pada Selasa lalu menembaki dan menangkap tiga kapal Ukraina di perairan, yang menurut Rusia, milik mereka. Beberapa awak kapal terluka akibat insiden tersebut.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id