Kebakaran Hutan California Tewaskan 9 Orang
Petugas berjuang menghadapi Camp Fire di Paradise, California, AS, 9 November 2018. (Foto: AFP/JOSH EDELSON)
California: Sembilan orang dinyatakan tewas dan 150 ribu lainnya dievakuasi akibat kebakaran hutan di sejumlah titik di negara bagian California, Amerika Serikat, Jumat 9 November 2018. Salah satu titik kebakaran merembet cepat dan mengancam resor ternama Malibu.

Departemen Sheriff Butte County mengatakan sejumlah korban terbakar di dalam kendaraan mereka saat berusaha melarikan diri dari kobaran api di kota Paradise. Total 26 ribu warga di kota tersebut sudah diperintahkan untuk mengungsi.

"Investigasi awal menunjukkan para korban ini berada di kendaraan masing-masing. Mereka semua terkena Camp Fire," ucap Departemen Sheriff Butte County, merujuk pada nama kebakaran, seperti dilansir dari kantor berita AFP.


Puluhan orang dilaporkan masih hilang di tengah kebakaran. Beberapa warga yang berhasil melarikan diri merekam video evakuasi dari Butte County.

Camp Fire terus merembet akibat ditiup angin kencang. Sejauh ini, Departemen Pemadam Kebakaran California mengatakan Camp Fire telah melalap 28.300 hektare lahan dan belum dapat dikendalikan.

Api Camp Fire telah menghancurkan ratusan rumah, sebuah rumah sakit, stasiun pengisian bahan bakar, beberapa restoran dan sejumlah kendaraan di Paradise.

Seorang juru kamera AFP di lokasi melihat beberapa rumah dilalap api. Ia juga melihat sejumlah rumah dan mobil sudah tinggal tumpukan abu.

Otoritas California telah memerintahkan evakuasi wajib bagi lebih dari 50 ribu orang di sekitar pegunungan Sierra Nevada. Perintah evakuasi meliputi 93 ribu warga Chico, kota dekat Paradise.

"Dampak kerusakan akibat kebakaran ini benar-benar tidak dapat dipercaya. Kami turut berduka kepada semua orang yang terkena imbas bencana ini," ucap Mark Ghilarducci, Direktur Kantor Gubernur California untuk Urusan Darurat.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id