Bantu Pengungsi Venezuela, AS Kirim Kapal RS ke Kolombia
Kapal USNS Comfort. (Foto: Stan Honda/AFP/Getty Images)
Washington: Amerika Serikat mengirim kapal rumah sakit Angkatan Laut ke Kolombia. Tujuannya untuk membantu ratusan ribu pengungsi yang melarikan diri dari krisis ekonomi dan kelaparan di Venezuela.

Menteri Pertahanan AS James Mattis mengumumkan bahwa Negeri Paman Sam akan memberikan pertolongan pertama kepada para pengungsi Venezuela. 

Salah satu bentuk bantuan darurat adalah mengirim kapal USNS Comfort ke pantai Kolombia, untuk membantu mengobati para pengungsi.


"Ini benar-benar misi kemanusiaan," kata Mattis dalam laporan di Miami Herald. "Kami tidak mengirim tentara, kami mengirim dokter," cetus dia, seperti disitat dari UPI, Minggu 19 Agustus 2018.

Mattis sempat mendapat saran soal di mana kapal itu harus berlabuh saat berbicara dengan Presiden Kolombia Ivan Duque pada Jumat kemarin.

"Mereka (pemimpin Kolombia) tidak hanya setuju, mereka juga memberikan rincian mengenai cara berlayar terbaik di wilayah ini," kata Mattis dalam laporan Voice of America.

Pada Juni, sekitar 2,3 juta dari total 32,8 juta warga Venezuela, melarikan diri ke beberapa negara tetangga. 

juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric mengatakan negara-negara tujuan tersebut adalah Kolombia, Ekuador, Peru, dan Brasil.

"Warga Venezuela menyebutkan kurangnya makanan sebagai alasan utama melarikan diri," kata Dujarric.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id