Bos baru Kartel Narkoba Meksiko, El Mencho. (Foto: DEA).
Bos baru Kartel Narkoba Meksiko, El Mencho. (Foto: DEA).

El Mencho, Bos Kartel Narkoba Pengganti El Chapo

Internasional meksiko
Marcheilla Ariesta • 19 Februari 2019 12:39
Mexico City: Bos kartel narkoba Meksiko Joaquin ‘El Chapo’ Guzman baru saja memulai hukuman seumur hidupnya. Namun, posisinya sudah digantikan orang lain yang dianggap lebih menyeramkan: Nemesio Ruben Oseguera-Cervantes atau yang dijuluki El Mencho.
 
El Mencho merupakan bos kartel Meksiko Jalisco Nueva Generacion (CJNG).
 
Terlahir dari keluarga miskin, El Mencho meninggalkan sekolah pada usia 10 tahun. Dia membantu di lahan pertanian sebelum mengambil pekerjaan menjaga tanaman ganja pada usia 14 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada awal 1990-an, dia dan sepupunya menjadi korban perdagangan orang dan dideportasi kembali ke Meksiko. Namun, ia merahasiakan kejahatannya dan mampu mendapatkan pekerjaan sebagai petugas polisi di negara bagian Jalisco.
 
Akhirnya dia meninggalkan kepolisian untuk bekerja dengan Milenium Cartel, yang bersekutu dengan geng El Chapo. Sekitar 10 tahun lalu, dia membentuk geng kriminalnya sendiri dan dengan cepat mendapat reputasi karena melakukan pembunuhan massal dengan sangat brutal.
 
Laman New Zealand Herald, Selasa 19 Februari 2019, melaporkan saat ini El Mencho diyakini sebagai milarder. Kartelnya berurusan dengan shabu, kokain, dan heroin, serta beberapa obat-obatan yang tersebar ke seluruh dunia.
 
“Dia menjalankan kartelnya seperti paramiliter,” kata Daniel Solis, Pakar Narcos.
 
“Persenjataannya, organisasinya, dapat membuat tentara Meksiko merasa malu. Dengan wawasan yang didapat ketika berada di kepolisian, Mencho mengetahui kekuatan pasukan yang terstruktur dengan baik,” imbuh dia.
 
El Mencho, kata Solis, secara terbuka menyatakan dia lebih memilih mati berkelahi daripada dibunuh. “Dia mengharapkan hal yang sama dari semua anak buahnya.”
 
Bahkan, metode pembunuhan El Mencho lebih mirip kelompok Islamic State (ISIS), dibanding kartel. “Belum pernah terlihat di Meksiko bagaimana mereka membunuh, namun jumlahnya sangat banyak,” katanya.
 
Selama bertahun-tahun, kebrutalan EL Mencho yang terkenal membuatnya menjadi salah satu penjahat yang paling ditakuti di Meksiko, termasuk debutnya di dunia kartel. Dia pernah melakukan pembuangan 35 mayat yang dimutilasi di kota pelabuhan utama Veracruz selama jam sibuk.
 
Dia juga pernah menculik putra-putra saingan jutawan lainnya dan memerintahkan pemerkosaan serta pembunuhan pada seorang gadis 10 tahun lalu.
 
Pada 2015 lalu, delapan anggota kepolisian dan seorang perwira polisi tewas dalam serangan gagal saat mencoba menjatuhkan sang raja narkoba. Namun, sebagai pembalasan, pasukan El Mencho membakar sejumlah kendaraan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi