Salah satu sudut kota Caracas. (Foto: AFP)
Salah satu sudut kota Caracas. (Foto: AFP)

Dewan HAM PBB Kirim Tim Pencari Fakta ke Venezuela

Internasional pbb venezuela
Sonya Michaella • 30 September 2019 10:24
Jenewa: Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera mengunjungi Venezuela untuk menyelidiki dugaan pelanggaran HAM, termasuk eksekusi, penghilangan warga, dan penyiksaan.
 
Sejak Januari 2018, terdapat sekitar 6.000 kematian di Venezuela yang diduga merupakan eksekusi di luar jalur hukum.
 
Dikutip dari BBC, Senin 30 September 2019, pengiriman misi pencari fakta ini disetujui di Jenewa, usai adanya resolusi yang diajukan dan didukung oleh beberapa negara Eropa. Namun, perwakilan Venezuela di PBB mengklaim resolusi ini sebenarnya didalangi Amerika Serikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Resolusi itu berisi pengecaman atas penindasan dan penganiayaan yang ditargetkan kepada warga sipil Venezuela. Selain itu, resolusi juga mengecam adanya kekuatan berlebihan yang dilakukan aparat keamanan terhadap pedemo anti-pemerintah dan awak media.
 
Negara-negara yang mengajukan resolusi antara lain Argentina, Brasil, Chile, Kolombia dan Peru. Empat negara itu telah menampung jutaan pengungsi dari Venezuela.
 
Keempatnya juga yang termasuk pernah memberikan dukungan kepada tokoh oposisi Venezuela Juan Guaido, dan mendesak agar Presiden Venezuela Nicolas Maduro segera mundur.
 
Resolusi diadopsi oleh anggota 47 negara, dengan 19 lainnya mendukung, tujuh menentang dan 21 abstain.
 
Duta Besar Venezuela untuk PBB di Jenewa, Jorge Valero, mengecam resolusi tersebut. Ia menegaskan, resolusi itu adalah inisiatif yang justru dapat memperburuk situasi.
 
"Ini merupakan kampanye yang digerakkan oleh Amerika dan tindakan memalukan yang dilakukan administrasi Presiden Donald Trump," ujar dia.
 
Dewan HAM PBB menegaskan, jika Venezuela menolak akses misi pencari fakta, maka PBB akan mengambil kesaksian dari para korban dan saksi di luar negeri yang telah mengungsi ke negara tetangga.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif