Presiden AS Donald Trump (kiri) memperkenalkan Conan kepada awak media di Gedung Putih, Washington, 25 November 2019 (Foto: AFP/Jim Watson)
Presiden AS Donald Trump (kiri) memperkenalkan Conan kepada awak media di Gedung Putih, Washington, 25 November 2019 (Foto: AFP/Jim Watson)

Trump Kenalkan Conan, Anjing Pahlawan Penyerbuan Markas ISIS

Internasional amerika serikat isis
Willy Haryono • 26 November 2019 09:35
Washington: "Ini adalah Conan, seekor anjing yang saat ini mungkin paling terkenal di dunia." Demikian disampaikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pernyataan terbaru di Gedung Putih, Washington, Senin 25 November.
 
Conan adalah seekor anjing militer yang terlibat dalam penyerbuan ke kediaman pemimpin kelompok Islamic State (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi bulan lalu. Conan disebut sebagai pahlawan karena berhasil menyudutkan Baghdadi yang melarikan diri di Suriah.
 
"Conan melakukan tugasnya dengan fantastis," kata Trump kepada awak media Gedung Putih, yang berdiri di samping anjing tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anjing ini luar biasa. Conan adalah anjing kuat. Siapapun tidak akan berani mengganggu Conan," sambungnya, dikutip dari AFP, Selasa 26 November 2019.
 
Menurut Trump terkait penyerbuan di Suriah bulan lalu, Conan mengejar dan berhasil menyudutkan Baghdadi di sebuah terowongan buntu pada 26 Oktober. Merasa terdesak, Baghdadi disebut AS meledakkan diri. Ledakan menewaskan Baghdadi dan dua anaknya.
 
Sempat terluka terkena serpihan bom, Conan berangsur pulih dan kini sudah benar-benar sembuh total. "Conan terluka parah saat itu. Orang-orang khawatir ia tidak akan sembuh. Tapi ternyata Conan sembuh dengan cepat," sebut Trump.
 
"Saya suka dengan anjing ini," lanjut dia, yang menambahkan bahwa Conan telah mendapat sebuah medali dan juga plakat atas jasa-jasanya.
 
Trump sangat memuji Conan, meski ia tidak memiliki anjing peliharaan di Gedung Putih seperti beberapa presiden sebelumnya.
 
Identitas Conan disembunyikan militer AS saat berita mengenai penyerbuan ke markas Baghdadi muncul ke publik. Namun Trump mengungkapkan identitas Conan dengan mengunggah fotonya di Twitter.
 
Tidak hanya itu, Trump juga mengunggah sebuah foto hasil penyuntingan yang memperlihatkan dirinya memberikan medali Medal of Honor kepada Conan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif