Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Berterima Kasih kepada Kamboja Terkait Korona

Internasional Virus Korona
Willy Haryono • 15 Februari 2020 12:08
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump berterima kasih kepada Kamboja yang bersedia menerima kedatangan kapal pesiar MS Westerdam di tengah kekhawatiran mewabahnya virus korona Covid-19. Kapal itu berlabuh di Kamboja usai sempat ditolak lima negara.
 
"Terima kasih kepada negara Kamboja yang menerima @CarnivalCruise Westerdam di pelabuhan Anda. Amerika Serikat akan selalu mengingat kebaikan hati Anda," tulis Trump di Twitter, dikutip dari laman The Straits Times, Sabtu 15 Februari 2020.
 
Lima negara menolak Westerdam meski tidak ada satu pun penumpang atau kru yang diduga atau terjangkit virus korona Covid-19. Kapal itu bisa berlabuh di Kamboja usai mendapat persetujuan dari Perdana Menteri Hun Sen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Westerdam, dioperasikan unit Carnival Corp dari perusahaan Holland America Inc, bersandar di pelabuhan Sihanoukville pada Kamis kemarin usai sempat terombang-ambing di laut selama dua pekan.
 
Sebanyak 1.455 penumpang dari Westerdam sudah diizinkan pulang sejak Jumat kemarin. Pemeriksaan medis telah dilakukan ke semua penumpang dan kru Westerdam, dan tidak ada satu pun dari mereka yang positif korona.
 
Kamboja merupakan sekutu dekat Tiongkok, negara pusat penyebaran virus korona Covid-19. Selama ini, AS dan Kamboja sering berseteru mengenai berbagai hal, termasuk soal tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan pembungkaman oposisi.
 
PM Hun Sen telah lebih mendekatkan Kamboja ke Tiongkok, yang telah menggelontorkan dana bantuan bernilai miliaran dolar ke Kamboja dalam berbagai skema. Tidak hanya itu, Tiongkok juga sering membela Kamboja yang kerap mendapat gelombang kritik dari dunia Barat.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif