Apa Arti Senbatsu UZA dalam Kicauan
AKB48 membawakan singel UZA (youtube-akb48)
Jakarta: Akun Twitter resmi Presiden Joko Widodo yang dikelola Sekretariat Presiden berkicau tak biasa sore ini, Rabu, 16 Mei 2018. Salah satu administrator pengelola yang kini sudah "dibebastugaskan" oleh Setpres, sempat menulis kicauan soal grup idola JKT48 dan Senbatsu UZA di akun @jokowi.

"Wuooohh mantab! Jadi teringat deg2annya di momen Senbatsu Uza pekan lalu!" bunyi kicauan @jokowi pada pukul 15.24 WIB yang segera dihapus.

Admin Twitter Presiden Dibebastugaskan


Kendati begitu, sejumlah warganet sempat menyimpan rekaman gambarnya dan membagikan ulang di media sosial. Kicauan itu adalah balasan untuk kicauan Beby Anadila, salah satu anggota JKT48. Beby mengumumkan tulisan terbaru tentang Senbatsu Uza di blog.

"Selamat siang semua.. sambil menemani jam istirahat teman-teman, ada episode terbaru nih dari #Cerit48ebyOshi yang ke-15 dengan judul #BebyForUZA (emoji kacamata)," kicau @Bebyyers.

Soal JKT48, kita sudah tahu. Lalu Senbatsu UZA, apa artinya?

Menurut Whisnu, salah satu penggemar JKT48 dari Jakarta, senbatsu adalah istilah khusus dalam kamus populer group idol. Artinya, kelompok khusus dalam grup yang mendapat kesempatan untuk tampil dan membawakan singel tertentu.

Seperti kita tahu, grup idola seperti AKB48 dan grup-grup saudaranya JKT48 atau BNK48 punya anggota puluhan. Untuk lagu atau penampilan tertentu, tidak semua anggota muncul bersama.

"Senbatsu itu anggota yang terpilih untuk membawakan singel terbaru. Jumlahnya 16 orang. Bisa dipilih langsung oleh manajemen atau fans," kata Whisnu kepada Medcom.id saat dihubungi lewat telepon.

UZA adalah salah satu singel dari AKB48 yang dirilis perdana di Jepang pada Oktober 2012. Dalam bahasa Jepang, kata uza berarti menjengkelkan. Bagi anggota grup dan penggemar, kata Whisnu, Uza adalah lagu singel dengan gerakan dance tersulit.

Kendati UZA dirilis AKB48 sejak lima tahun silam, singel ini baru akan dibawakan JKT48 tahun ini. Pihak manajemen telah memilih dan mengumumkan 16 anggota terpilih atau senbatsu untuk Uza di Jakarta pada Minggu, 13 Mei 2018. Nama Beby termasuk di dalamnya dan dibacakan paling akhir.

Momen mendebarkan inilah yang dimaksud pengelola akun @jokowi dalam kicauannya Rabu sore tadi. Dari cerita Beby di blognya, banyak penggemar memang mengelu-elukan nama Beby saat pengumuman dibacakan. Ini terkait riwayat Beby yang pernah menampilkan tarian UZA sendirian pada 2013.

Tampaknya, salah satu administrator media sosial Presiden datang ke Theater JKT48 pada hari Minggu kemarin untuk menyimak pertunjukan dan pengumuman tersebut. Sayangnya, dia lupa mengganti akun Twitter saat hendak meluapkan kegembiraan.




 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360