Kim Jae-joong (Foto: via soompi)
Kim Jae-joong (Foto: via soompi)

Bercanda Kena Korona, Kim Jae-joong Terancam Dipenjara

Hiburan Artis dan Virus Korona
Dhaifurrakhman Abas • 02 April 2020 20:24
Jakarta: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mempertimbangkan hukuman yang tepat untuk penyanyi K-pop Kim Jae-joong dari grup JYJ. Dia dihukum karena bergurau terinfeksi virus korona pada hari April Mop, Rabu 1 April 2020.
 
"Kami saat ini sedang menyelidiki kasus tentang Kim Jae-joong," kata perwakilan KCDC seperti dilansir Soompi, Kamis 2 April 2020.
 
KCDC mengatakan, perbuatan Kim Jae-joong ini melibatkan penyebaran informasi palsu. Dia bisa terjerat undang-undang di Korea Selatan tentang penipuan terhadap pegawai atau lembaga pemerintah yang menyebabkan terganggu kinerja tugas mereka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Adalah mungkin untuk menghukum mereka yang dilaporkan karena menghasut gangguan dengan terus-menerus melakukan panggilan telepon jahat ke otoritas pencegahan epidemi," papar perwakilan tersebut.
 
Melalui Undang-undang tersebut, Kim Jae-joong bisa dikenai masa hukuman maksimum lima tahun penjara atau denda maksimum 10 juta won atau setara Rp132 juta. Namun KCDC masih menimbang hukuman yang tepat lantaran Kim Jae-joong tidak menyebarkan informasi palsu ke lembaga pemerintah.
 
"Kasus ini adalah sesuatu yang dilakukan oleh seorang selebriti di media sosial, dan sepertinya diskusi internal lebih diperlukan," tandas perwakilan KCDC.
 
Sebelumnya, personel JYJ, Kim Jae-joong menipu publik dirinya terinfeksi Covid-19 atau virus korona melalui media sosialnya. Kurang dari 1 jam, Jaejoong memberi klarifikasi dia bercanda merayakan April Mop.
 
"Lelucon ini tak terkendali untuk April Mop yang sederhana, tetapi banyak orang yang menghawatirkan saya dalam waktu singkat," tulis Kim Jae-Joong.
 
Kim Jae-joong berkilah, perbuatan bohong yang dia lakukan semata demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan wabah virus korona. Dia mengatakan siap menerima hukuman yang harus diterima untuk unggahannya. Ia berharap agar semua orang dalam keadaan baik-baik saja.
 
"Saya hanya ingin memberi tahu semua orang bahwa lindungi dirimu sendiri menjadi solusi melindungi orang lain," tukasnya.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif