Bimbim Slank (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Bimbim Slank (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Bimbim Slank: Golput Sudah Usang

Hiburan Seleb Bicara Pilpres 2019
Purba Wirastama • 15 Maret 2019 20:28
Jakarta: Bimbim, pentolan grup musik Slank, menyebut bahwa pilihan untuk tidak memilih alias golongan putih (Golput) sudah tidak relevan dalam Pemilu pasca reformasi. Bagi Bimbim, tidak memilih kandidat tertentu sama dengan tidak punya sikap politik.
 
Pendapat ini dikatakan Bimbim dalam deklarasi gerakan dukungan non-partisan bagi kandidat petahana Joko Widodo di markas Slank di Gang Potlot, Jumat, 15 Maret 2019. Bersama puluhan musisi lain, Slank membuat lagu dan video musik berjudul #BarengJokowi.
 
Seorang wartawan menanyakan pendapat Slank mengenai warga negara yang berencana golput atau tidak memilih dalam Pemilu 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Zaman orba, Golput itu seksi," jawab Bimbim. "Wah, ini anak berani banget, melawan banget kepada penguasa (dengan cara golput)."
 
"Namun kalau hari ini Golput, gue rasa sudah usang. Gue anggap, kok enggak berani bersikap sih? Ini zaman demokrasi, zamannya sudah berbeda."
 
Bimbim lantas menceritakan obrolan antara dia dengan anaknya tentang sikap politik personel sebuah grup musik independen. Menurut Bimbim, grup ini enggan punya sikap karena "enggak mau ikut-ikutan politik". Baginya, sikap apatis era orde baru tidak sesuai dengan era demokrasi seperti sekarang.
 
"Zaman dulu (orde baru), lawannya siapa, beda dengan hari ini. Justru banyak orang menganggap, kalau hari ini enggak bersikap, berarti apatis dan enggak peduli," ujar Bimbim.
 
"Beda dulu dan hari ini," pungkasnya.
 
Terkait Pemilu 2019, Bimbim dan Slank tidak hanya membuat lagu serta video musik kolaborasi untuk mendukung Jokowi. Bersama puluhan artis lain, mereka sedang menyiapkan konser besar di Gelora Bung Karno pada 13 April, empat hari sebelum pemungutan suara.
 
Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Legislatif 2019 akan digelar serentak pada 17 April 2019.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif