Giring Ganesha (Foto: Instagram @giring)
Giring Ganesha (Foto: Instagram @giring)

Giring Ganesha: Prabowo Produk Old School

Hiburan Seleb Bicara Pilpres 2019
Purba Wirastama • 18 Februari 2019 11:59
Jakarta: Giring Ganesha, eks vokalis Nidji yang kini terjun ke dunia politik, menilai calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto sebagai produk lama atau "old school". Ini terlihat dari performa Prabowo dalam Debat Pilpres ronde kedua pada Minggu malam kemarin, 17 Februari 2019.
 
"Kelihatan bahwa Pak Prabowo memang produk old school – ya produk lama, dan Pak Jokowi (petahana) adalah orang yang optimis terhadap masa depan," kata Giring saat dihubungi Medcom, Senin, 18 Februari 2019.
 
Menurut Giring, salah satu tanda "old school" ini adalah ketidaktahuan Prabowo atas istilah "unicorn", yang sebenarnya merujuk ke perusahaan rintisan digital dengan valuasi besar mencapai lebih dari USD1 miliar. Dia menyebut bahwa istilah ini adalah pengetahuan umum, terutama bagi generasi muda terkini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu mengindikasikan mungkin dia masih memikirkan hal-hal lain, masih belum 100% mengerti model bisnis Go-Jek. Saya yakin dia belum mengerti model bisnis Tokopedia atau lainnya. Ya, 'unicorn' saja (dia) enggak tahu?" ungkap Giring.
 
Giring menilai Jokowi tampil prima dalam debat ronde kedua. Dia menyukai pernyataan terakhir Jokowi, bahwa dia hanya takut Allah. Bagi Giring, pernyataan ini menunjukkan sikap Jokowi yang tidak takut dalam mengemban amanah membangun bangsa.
 
Caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini berpendapat bahwa kebijakan Jokowi selama ini, yang fokus ke pembangunan infrastruktur, sudah tepat. Dia juga menganggap kubu penantang sebenarnya sudah tahu bahwa kebijakan Jokowi tepat, tetapi harus tetap bersaing.
 
"Saya yakin sebenarnya tim sana (BPN Prabowo-Sandi) mengerti, tetapi enggak ngerti harus omong apa lagi karena sebetulnya Jokowi sudah melakukan hal benar. Mereka cuma cari bagaimana caranya, jangan sampai mereka setuju. Ya gimana, namanya juga persaingan, masak lo setuju saingan lo?" ujar Giring.
 
"Mereka asal omong soal utang. 'Bos, utang kita masih oke. Bandingkan dengan Jepang dan Amerika, kita masih oke.' Mereka tidak punya senjata apapun lagi. Sedihnya gue, itulah yang akhirnya membohongi orang. Kalau kita sering baca dan bertukar pikiran, kita bisa lihat, (rasio) hutang kita masih oke," lanjutnya.
 
Debat Pilpres 2019 ronde kedua digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan pada Minggu malam kemarin, 17 Februari 2019. Debat kali ini, yang hanya melibatkan calon presiden kedua kubu, mengusung topik tentang energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro menjadi moderator.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif