Glenn Fredly di M-Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Desember 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Glenn Fredly di M-Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Desember 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Glenn Fredly Sepakat UN Dihapuskan

Hiburan Glenn Fredly un
Cecylia Rura • 04 Desember 2019 09:03
Jakarta:Musisi Glenn Fredly termasuk satu di antara seniman yang turut memerhatikan kinerja pemerintah.Terbaru, wacana penghapusan Ujian Nasional dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ikut disorot. Glenn Fredly mengaku sepakat jika UN dihapuskan.
 
"Saya sepakat banget dari Mas Nadiem, bicara tentang menghasilkan generasi yang adaptif, adaptasinya terhadap perkembangan. Artinya bukan generasi yang lahir karena menghapal," ujar pelantun lagu Kasih Putih itu di Jakarta Selatan, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Glenn memaparkan, teknik belajar sekarang perlu mengadaptasi perkembangan teknologi sekarang. Sebab, perkembangan teknologi dalam literasi ikut memperluas kreativitas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Generasi hari ini berkembangnya teknologi membawa perubahan yang begitu signifikan, persaingan global membuat kita mau tidak mau dituntut untuk lebih kreatif. Jadi saya pikir UN kalau untuk dikaji, ditiadakan, saya setuju karena bebannya beda sekali," kata Glenn.
 
Kalau pun UN nantinya tidak dihapuskan,Glenn Fredly sepakat jika UN tidak dijadikan patokan tingkat kecerdasan siswa. Berkaca dari pengalaman sebagai pekerja seni, menurut Glenn Fredly dunia kerja lebih banyak membutuhkan pengalaman.
 
"Menurut saya pada akhirnya, setahu saya, Anda mau kerja bukan dilihat nilai. Anda ingin bekerja yang dilihat adalah pengalaman, vocational Anda, kemudian cara Anda bisa menyelesaikan sebuah problem, adaptasi terhadap sebuah permasalahan, dan bisa mengambil jalan keluar terhadap sebuah permasalahan, itu kayaknya menjadi ruang tersendiri terhadap profesi. Saya pikir UN mau dikaji ulang, saya setuju, sih," ujar Glenn.
 
Wacana keputusan ini sempat ramai pada akhir bulan lalu saat Medikbud Nadiem Makarim menyampaikan pemikirannya dalam Pidato Hari Guru Nasional (HGN). Hal ini menuai banyak apresiasi dari warganet.
 
Rencana ini bakal dikaji dan diusulkan untuk deregulasi agar tolak ukur evaluasi sistem pendidikan skala naisonal itu tidak membebani murid dan guru. Kendati demikian, rancangan baru ini bakal dikaji kembali dan regulasi baru soal UN bakal diputuskan pada 2021. Pada 2020, UN dipastikan masih berjalan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif