Lukisan Raden Saleh (Foto: wikipedia)
Lukisan Raden Saleh (Foto: wikipedia)

Lukisan Raden Saleh Jadi Perbincangan, Harganya Ratusan Miliar Rupiah!

Medcom • 05 September 2022 12:18
Jakarta: Lebih dari seminggu penayangannya di bioskop, film Mencuri Raden Saleh sudah ditonton lebih dari satu juta orang. Film yang mengisahkan tentang pencurian lukisan karya Raden Saleh ini pun menuai perbincangan di media sosial.
 
Lukisan-lukisan karya Raden Saleh pun kini ramai dibahas, terutama lukisan "Penangkapan Pangeran Diponegoro" yang 'dicuri' di dalam filmnya.
 
Lukisan "Penangkapan Pangeran Diponegoro" semakin menjadi perbincangan lantaran beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mengunggah foto melalui akun Instagram pribadinya yang mendokumentasikan momen rapat di Istana Negara yang dihadiri olehnya, Presiden Joko Widodo, dan sejumlah menteri. Terpajangnya lukisan "Penangkapan Pangeran Diponegoro" di ruangan rapat tersebut menarik perhatian warganet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penangkapan Pangeran Diponegoro" sendiri dilukis oleh Raden Saleh pada tahun 1857 sebagai bentuk kritik terhadap lukisan serupa yang berjudul "Penyerahan Pangeran Diponegoro" karya pelukis asal Belanda, Nicolaas Pieneman. Lukisan tersebut menggambarkan pandangan Raden Saleh atas penangkapan Pangeran Diponegoro yang berbeda dengan pandangan Pieneman.
 
Raden Saleh pun memberikan lukisannya tersebut kepada Raja Belanda pada saat itu, Willem III. Lukisan tersebut cukup lama berada di Belanda sebelum akhirnya pada tahun 1975, pihak Kerajaan Belanda menyerahkan lukisan tersebut kepada Indonesia berkat realisasi perjanjian kebudayaan Indonesia-Belanda pada masa itu. Lukisan tersebut kini berada di Istana Negara sebagaimana terlihat dalam foto yang diunggah oleh Sri Mulyani.
 
Harga Lukisan Karya Raden Saleh
 
Menanggapi ramainya perbincangan akibat film Mencuri Raden Saleh, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengunggah tulisan di akun Instagram @ditjenkn mengenai lukisan Raden Saleh lainnya. Lukisan tersebut adalah lukisan berjudul "Berburu Banteng" yang dilukis tahun 1855.
 
Lukisan tersebut merupakan salah satu lukisan karya Raden Saleh yang cukup diburu oleh para kolektor. Pada tahun 2018, lukisan tersebut pun laku senilai Rp120 miliar rupiah. Lukisan itu dikategorikan sebagai Barang Milik Negara (BMN) dan saat ini menjadi koleksi kepresidenan di Istana Yogyakarta. Kini, lukisan tersebut nilainya diperkirakan mencapai Rp250 miliar rupiah.
 
(Nicholas Timothy Suteja)
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif