Andre Taulany bersama dengan Cholil Nafis  (Foto: YouTube Taulany TV)
Andre Taulany bersama dengan Cholil Nafis (Foto: YouTube Taulany TV)

Dituding Hina Nabi Muhammad, Andre Taulany Rilis Permintaan Maaf

Hiburan Kasus Andre Taulany
Purba Wirastama • 06 Mei 2019 13:20
Jakarta: Setelah hari-hari penuh cecaran karena lawakan terkait agama, presenter dan pelawak Andre Taulany merilis permintaan maaf kepada publik lewat media sosial. Dalam video empat menit, Andre meminta maaf kepada seluruh umat Muslim melalui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis.
 
"Selain bersilaturahmi, saya ingin meminta maaf atas beberapa masalah yang sedang saya alami, di mana ada satu peristiwa yang dianggap saya menghina rasulullah," kata Andre dalam video diunggah di kanal Taulany TV di YouTube dan Instagram, Minggu, 5 Mei 2019.
 
Permintaan maaf resmi tersebut direkam ketika Andre berkunjung ke kantor pusat MUI di Jakarta pada hari sebelumnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jujur, demi Allah, saya tidak pernah bermaksud seperti itu. Saya seorang Muslim, taat ajaran agama Islam, dan sangat mencintai rasulullah, di mana setiap sholat, dzikir, ibadah, sholawat, saya selalu sebut namanya. Jadi rasanya, naudzubillahi min zalik kalau saya sampai menghina rasul saya sendiri.
 
"Untuk itu, saya ke sini, memohon maaf kepada seluruh umat Islam. Semoga dengan saya datang ke sini, Pak Kyai yang mewakili MUI, yang mana mewakili seluruh umat Muslim, mohon menerima maaf saya atas kelalaian saya. Mungkin candaan saya tidak tepat, mungkin itu memang di luar kesadaran saya, tetapi saya tidak berniat menyakiti siapapun atau menghina siapapun, apalagi rasulullah," lanjut Andre.
 
Cholil Nafis menerima permintaan maaf dan memahami bahwa ucapan Andre tidak bermaksud menghina Nabi Muhammad. Dia berharap kasus itu menjadi pelajaran, baik bagi Andre maupun publik, untuk lebih berhati-hati mengenai materi guyonan di media massa.
 
"Berhati-hati jika (pernyataan) berkenaan dengan ajaran agama, apalagi berkenaan dengan pembawa agama, rasulullah (Nabi Muhammad). Mungkin masyarakat bisa menerima permintaan maaf Mas Andre," kata Cholil.
 
"Para ulama dan Muslimin, tolong dimaafkan Mas Andre. Mas Andre berjanji untuk memperbaiki candaan agar tidak menjadi sesuatu yang menyakiti umat Islam atau disalahpahami orang lain," imbuhnya.
 
Berikutnya, Andre juga meminta bimbingan dan arahan lebih lanjut dari Cholil atau MUI.
 
Andre menjadi pusat perhatian polemik terkait "penistaan agama" setelah sebuah video rekaman tahun 2017 beredar lagi di media sosial. Kala itu, Andre dan Entis Sutisna alias Sule rekannya sedang menjadi pemandu acara talkshow di NET TV dengan bintang tamu penyanyi Virzha.
 
Virzha bercerita tentang Nabi Muhammad dan "aroma 1.000 bunga" ketika mereka sedang membahas bisnis parfum miliknya. Sule menanggapi topik tentang wangi dengan ungkapan "memberikan kenyamanan kepada orang-orang", sedangkan Andre berkelakar soal topik 1.000 bunga.
 
Video tersebut beredar lagi setelah Andre menjadi pusat perhatian atas polemik lain, yaitu tudingan sejumlah warganet bahwa dirinya menghina ulama. Dalam sebuah video rekaman acara tv, ketika sedang ngobrol dengan Sule dan bintang tamu Jovial Da Lope soal sepatu, Andre menyebut sepatu "merek Adisomad". Warganet menuduh Andre menghina Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad.
 
Beberapa hari sebelumnya, Erin Taulany istrinya juga diserang oleh warganet terkait sejumlah kiriman teks di akun media sosial Instagram @erintaulany. Akun tersebut menyinggung deklarasi klaim kemenangan pasangan Prabowo-Sandi dalam Pemilu Presiden 2019. Para pendukung Prabowo gusar, termasuk eks musisi Derry Sulaiman yang membagikan ulang komentar Erin di media sosialnya.
 
Erin sempat dilaporkan ke polisi atas kiriman tersebut dengan tuduhan tindak pidana ujaran kebencian. Andre menjelaskan bahwa akun Instagram istrinya sempat diretas sebelum kiriman itu muncul. Andre, dalam kasus yang terakhir, juga dilaporkan ke polisi oleh Persaudaraan Alumni 212 dengan tuduhan penistaan agama.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif