Hilman Hariwijaya (Foto: instagram thehilmanhariwijaya)
Hilman Hariwijaya (Foto: instagram thehilmanhariwijaya)

Mengenang Karya Hilman Hariwijaya, dari Lupus hingga Vanya

Sri Yanti Nainggolan • 09 Maret 2022 14:07
Jakarta: Penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya meninggal dunia pada hari Rabu, 9 Maret 2022. Seniman yang meninggal pada usia 57 tahun itu telah menelurkan banyak karya di dunia hiburan. 
 
"Innalillahi wainnaillahi rojiun Telah berpulang Hilman Hariwijaya Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 wib, Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum," kata mantan istrinya, Nessa Sadin.
 
Baca: Hilman Hariwijaya, Penulis Novel Lupus Meninggal Dunia
 

Tokoh fiksi karya Hilman Hariwijaya 

Berikut beberapa karya Hilman Hariwijaya sebagai penulis, dari novel hingga layar lebar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Lupus 
Lupus adalah karakter tokoh laki-laki yang diciptakan Hilman Hariwijaya pada tahun 1986 melalui cerpen di majalah Hai. Berbagai kisah Lupus mulai dijadikan buku pada tahun yang sama dengan judul Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Seri ini berkembang menghasilkan 5 film dan sinetron dengan total lebih dari 52 buku. 
 
Lupus adalah pelajar dan wartawan muda yang tinggal bersama Mami dan adiknya, Lulu. Selain mengisahkan masa muda, Hilman Hariwijaya juga membuat novel Lupus Kecil dan Lupus ABG yang ditulis dengan Boim LeBon. 
 
Karakter Lupus yang diciptakan Hilman Hariwijaya. Wikimedia Commons
Karakter Lupus yang diciptakan Hilman Hariwijaya. Wikimedia Commons?
 
2. Olga
Karakter Olga dicpitakan Hilman Hariwijaya pada pada tahun 1990 di majalah Mode, yang kemudian dibukukan. Seri ini telah dijadikan 1 judul film dan 3 musim sinetron.
 
Olga adalah pelajar yang bekerja sampingan sebagai penyiar radio di Radio Ga Ga. Ia tinggal bersama orang tuanya dan memiliki sahabat bernama Wina. 
 
3. Lulu
Lulu adalah pemekaran dari cerita Lupus, tokoh sang adik. Buku ini ditulis Hilman bersama Boim LeBon dan Gusur Adhikarya. Ada empat novel dengan Lulu sebagai tokoh utama, yaitu Sohib Gaib (1992), SMA Elite (1993), Mimpi Full Colour (1998), dan Reformasi Damai (1998). 
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif