Aida Saskia (Foto: instagram)
Aida Saskia (Foto: instagram)

Divonis Kanker Payudara, Aida Saskia Terancam Kehilangan Rahim

Elang Riki Yanuar • 19 Mei 2022 19:00
Jakarta: Aida Saskia tak mau kehilangan semangat setelah divonis mengidap kanker payudara. Pelantun "Ayam Jago" itu masih berupaya melakukan sejumlah pengobatan untuk mengobati penyakitnya.
 
Sejauh ini Aida sudah melakukan operasi pengangkatan payudaranya. Dia juga masih harus menjalani kemoterapi sebanyak delapan kali.
 
Aida sudah siap dengan segala kemungkinan terburuk. Salah satunya kemungkinan mengalami menopause dini akibat seringnya mengonsumsi obat-obatan. Bila ternyata masih mengalami menstruasi, Aida harus melakukan operasi pengangkatan rahim. Aida pun pasrah dengan kemungkinan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti selesai kemo ke-8, baru kita cek itu masih haid atau enggak, mentruasi atau enggak, tapi kalau misalnya memang masih menstruasi, mau enggak mau aku harus kembali lagi pasrah dan tawakal untuk menerima kondisi harus kehilangan rahim," kata Aida Saskia di YouTube Langit Entertainment.
 
"Jadi aku harus mengikhlaskan bagian tubuhku yang hilang," lanjutnya.
 
Sebagai manusia biasa, Aida tetap menyimpan rasa sedih. Namun, dia merasa bersyukur karena dikelilingi orang-orang yang terus memberikan dia dukungan.
 
"Luar biasa capek. Tersiksa lahir batinlah. Ya memang sulit, sedih, dan berat. Cuma lagi-lagi aku seseorang yang dipercaya menjalani semua ini. Allah mempercayakan aku mampu menjalani semua ini. Jadi memang kehidupan yang sedang aku jalani ini selalu menuntut aku untuk pasrah dan ikhlas untuk melepaskan apapun yang Allah kehendaki, dari payudara, dari rahim, dari sampai usia pun," tandasnya.
 
Aida pertama kali dinyatakan mengidap kanker pada Oktober 2022. Aida menyebut kondisinya sudah dalam tahap stadium tiga karena dia terlambat mendeteksi keberadaan kankernya.
 
"Ternyata sudah stadium tiga, deteksinya lambat kan. Aku sedang mempersiapkan kemoterapi keempat. Cuma lagi cek jantung dulu, kuat apa enggak nih buat kemoterapi," ujarnya.
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif