Soleh Solihun (Medcom.id-Edgar Nurhakim)
Soleh Solihun (Medcom.id-Edgar Nurhakim)

Empat Tips Debat Capres-Cawapres dari Soleh Solihun

Hiburan soleh solihun Seleb Bicara Pilpres 2019
Purba Wirastama • 10 Januari 2019 08:00
Jakarta: Kurang dari 100 hari lagi menuju hari pencoblosan Pemilihan Umum Presiden 2019 dan sepekan lagi menuju debat Pilpres perdana yang disiarkan langsung di televisi. Berbagai polemik mewarnai hajatan lima tahunan ini, termasuk pro kontra pemberian kisi-kisi debat kepada kedua pasang kandidat.

Komedian, penulis, dan penyiar Soleh Solihun yang kini juga terjun ke film sebagai aktor dan sutradara, membagikan empat tips singkat bagi kedua pasang kandidat untuk menghadapi debat Pilpres. Medcom.id menanyakan tips kepada Soleh ketika di berkunjung ke kantor redaksi dalam rangka promosin film terbarunya, Lagi-Lagi Ateng.

Berikut empat tips Debat Pilpres 2019 dari Soleh Solihun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



1. Debat Capres atau Debat Cawapres? "Anda harus berada di momen yang tepat," kata Soleh. "Pastikan kalau Anda Capres, jangan datang di debat Cawapres karena sudah pasti tidak diharapkan. Pun sebaliknya, kalau Anda Cawapres, jangan hadir di debat Capres, kecuali dibutuhkan keduanya. Nanti tahu-tahu Jokowi datang, dibilang, 'Maaf Pak, gilirannya Pak Ma'aruf.'"


2. Tidak Ada Istilah Ngeles

"Tidak ada istilah ngeles dalam debat – yang ada adalah 'memberi argumen'. Kalau dibilang 'Bapak jangan ngeles!', jawablah 'Lho bukan ngeles, Anda saja yang kurang paham argumen saya!'"

"Kalau dibilang engak nyambung, ya mungkin intelektual Anda belum sama dengan saya."


3. Jangan Debat di Luar Negeri

"Pastikan ada di negara yang benar. Ternyata Anda ikutan di negara lain kan capek, bahasanya beda."


4. Panggilan Sayang Pengganti Cebong dan Kampret

"Setiap Capres dan Cawapres harus punya panggilan sayang buat para pendukung. Selama ini, hanya ada panggilan ejekan seperti cebong atau kampret – itu kan bukan panggilan sayang."

"Nah, untuk menetralisir kebencian di antara para pendukung Capres, sebaiknya harus dicari dan disebutkan panggilan sayang. Begitu nanti menjawab misalnya, 'Oke saya akan jawab ini untuk Anda dan para (nama panggilan sayang). Benar lho pikirkan ini. Orang akan berhenti panggil cebong atau kampret dan jadi memanggil kodok – lebih besar, atau Batman – lebih keren dari kampret," ujar Soleh sambil terkekeh.

Sesi pencoblosan Pilpres dan Pemilu Legislatif akan digelar serentak di Indonesia pada Rabu, 17 April 2019. Rangkaian program Debat Pilpres akan dimulai pada Kamis, 17 Januari 2019. Edisi pertama adalah debat bagi pasangan kandidat dengan cakupan topik hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

 


(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi