Rano Karno. (Foto: Cecylia Rura/Medcom.id)
Rano Karno. (Foto: Cecylia Rura/Medcom.id)

"Si Doel" Sepakat dengan Rencana Pemindahan Ibu Kota

Hiburan rano karno
Cecylia Rura • 15 Mei 2019 16:13
Jakarta: Aktor Rano Karno sepakat dengan pemindahan ibu kota dari Jakarta. Namun, dia mempertegas ada perbedaan antara pemindahan ibu kota dan pemindahan pusat pemerintahan.
 
"Barangkali yang harus jelas ini pusat pemerintahan kah atau ibu kota yang pindah. Karena kalau ibu kota barangkali agak sulit, bukan sulit, undang-undang karena undang-undang pusat ibu kota Indonesia adalah Jakarta, berarti harus berubah," kata Rano Karno ditemui di kediamannya di Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
 
Pemeran si Doel ini mencontohkan, jika pemerintahan yang pindah maka tidak sesulit memindahkan ibu kota seperti Malaysia yang memindahkan pusat pemerintahan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintahan semua ditempatkan di satu, itu saja populasinya besar kalau misalnya seluruh kementerian pindah di satu tempat barangkali bisa hampir seratus ribu orang belum keluarganya. Makanya di Malaysia pusat pemerintahan berubah menjadi pusat ibu kota baru karena ada pemindahan penduduk," terangnya.
 
Mantan Gubernur Banten itu menilai, penduduk Jakarta sudah terlalu sesak sementara luas jalan tidak ikut bertambah. Menurut Rano, MRT belum bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan lalu lintas.
 
"Artinya jumlah penduduk bertambah, jumlah kendaraan bertambah sementara jumlah jalan tidak bertambah. Makanya kita terpaksa naikkan, MRT ke bawah naik ke atas. Itu juga enggak bisa menyelesaikan masalah karena populasi kita belum ditambah dengan migrasi," kata Rano Karno.
 
Meski nantinya ibu kota dan pusat pemerintahan dipindah, Rano Karno berpendapat pusaran bisnis dan ekonomi akan tetap berpusat di Jakarta.
 
"Ada wacana saya mendengarkan pusat pemerintah yang dipindah tapi bukan pusat ibu kota. Kalau ibu kota Jakarta tetap menjadi kota ekonomi, kedutaan tetap di sini," terangnya.

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif