Dolores O'Riordan Dimakamkan di Sebelah Pusara Ayah
Jakarta: Dolores O'Riordan telah dikebumikan di kampung halamannya, County Limerick, Irlandia pada Selasa, 23 Januari 2018. Vokalis The Cranberries itu dimakamkan di Pemakaman Caherelly, sebelah pusara ayahnya, Terence (Terry), yang telah berpulang pada 2011 lalu.

Sebelum dimakamkan, jenazah Dolores dibawa ke Gereja Katolik Saint Ailbe, Ballybricken untuk dikenang oleh keluarga dan sahabat. Momen itu sekaligus menjadi kesempatan bagi rekan dan para penggemar memberikan penghormatan terakahir kepada Dolores.

Di antara tamu yang bertugas dalam pelayanan penghormatan terakhir, tampak kekasih Dolores, Ole Koretsky serta ibu Dolores, Eileen, mantan suami, Don Burton, serta anak-anak, Taylor, Molly dan Dakota Burton, juga istri Bono U2, Ali Hewson beserta para personel The Cranberries, Mike Hogan, Noel Hogan dan Fergal Lawlor.


Sebuah pertunjukan lagu klasik Ave Maria yang dinyanyikan Dolores dan Luciano Pavarotti memulai pelayanan, sebelum pastor paroki pensiunan, Canon Liam McNamara yang merupakan kerabat dekat keluarga Dolores memulai kongregrasi untuk Dolores:

"Kepribadiannya yang baik dan suara nyanyian yang indah dipersembahkan untuk beberapa pengagumnya. Termasuk pada orang-orang yang diselamatkan dari kegelapan depresi yang tak terhingga."



"Tak ada kata-kata yang cukup untuk menggambarkan Dolores, yang tentu menyatakan pengaruh baik yang diberikan selama bertahun-tahun."

Dua penghargaan yang mewakili rasa cinta Dolores pada musik, sebuah gitar dan trofi platinum disc award, dibawa ke altar oleh keponakan perempuannya, Eileen. Sementara keponakan laki-lakinya, Patrick membawa gambar yang pernah menjadi milik nenek buyutnya, Our Lady of Dolores, nama yang diambil untuk Dolores O'Riordan. Kawan lama Dolores, Breffni juga membawakan buku puisi ke atas altar.

Saudari Dolores, Angela melakukan bacaan pertama, sementara yang kedua dilakukan oleh keponakannya, Andrew, yang juga tampil di akhir ibadah bersama saudaranya, Daniel, yang keduanya merupakan anggota dari Limerick Pipe Band.

Lima anak baptis Dolores, Bradon, Colm, Gerard, Luke, dan Megan membacakan Prayers of the Faithful (Doa Orang Beriman).

Teman paduan suara Dolores dalam gereja paroki, Canon Liam McNamara mengatakan, tidak terhingga jumlah orang-orang yang sudah diselamatkan oleh Dolores melalui lagu-lagunya. Dolores, baginya, telah menyelamatkan banyak orang dari kegelapan dan depresi melalui musik-musiknya. Ia pun mengatakan, suara Dolores begitu lembut, ia memiliki senyum penuh cinta dan kehangatan.

Beberapa stasiun radio indie di Irlandia juga memberi penghormatan kepada sang legenda dengan memainkan hits When You're Gone yang populer di tahun 1996, di tengah hari sebelum Dolores dikebumikan.

Sementara pihak kepolisian belum memastikan kematian Dolores sebagai kasus janggal, penyelidikan kasus kematian Dolores ditunda hingga 3 April mendatang sambil menunggu hasil autopsi.

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id