Wajah D.O. EXO Diganti Muka Gibran (Foto: Twitter)
Wajah D.O. EXO Diganti Muka Gibran (Foto: Twitter)

Kronologi Penggemar Laporkan Foto D.O. EXO Dijadikan Bahan Kampanye Cawapres

Rafi Alvirtyantoro • 20 Januari 2024 19:10
Jakarta: EXO-L, sebutan penggemar EXO, ramai melaporkan kepada agensi yang manaungi D.O. EXO, yakni Company SooSoo. Simak kronologinya di bawah ini.
 
Sedang ramai di media sosial tentang aksi protes yang dilakukan oleh para penggemar K-pop dari kalangan EXO-L. Mereka melakukan pelaporan massal melalui email agensi Company SooSoo.

Berikut kronologi yang telah Medcom.id rangkum melalui pantauan media sosial.

1. EXO-L Temukan Baliho Pakai Foto Editan D.O. EXO

Melalui utas yang diunggah melalui akun X, dulunya Twitter, @9301mydan, Jumat, 19 Januari 2024, seorang penggemar melakukan protes terkait baliho kampanye dari salah satu pasangan calon wakil presiden. Ia mengeluhkan foto idolnya yang diedit sebagai atribut kampanye.
 
"Gue laporin ya lu semua timses 02 ke @companysoosoo_ udah nyomot badan artis sembarangan gue yakin tanpa izin!!!! SIAPA YG BAWA2 KPOP DISINI?," tulis @9301mydan dalam keterangan postingannya.
 
baca juga: D.O EXO Kena Denda Usai Merokok di Dalam Ruangan
 

2. Lokasi Baliho yang Diedit Pakai Foto D.O EXO

Dalam utas yang telah mencapai lebih dari 47 ribu penyuka itu pun dicantumkan lokasi pemasangan balihonya. Ternyata baliho kampanye dari salah satu cawapres itu dipasang di kawasan Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kronologi Penggemar Laporkan Foto D.O. EXO Dijadikan Bahan Kampanye Cawapres

3. Penggemar Lakukan Pelaporan Massal ke Pihak Agensi

Utas itu pun menuai sorotan setelah disebarluaskan di media sosial. Ada lebih dari enam juta penayangan dari para pengguna akun X yang melihat utas itu.
 
EXO-L pun langsung melaporkan penggunaan foto idolnya sebagai bahan kampanye politik. Diketahui itu merupakan foto salah satu anggota EXO, yakni D.O..
 
Mereka membuat laporan dan mengirimkannya melalui email agensi yang telah disediakan di media sosial. Beberapa EXO-L pun menyiapkan template email yang bisa digunakan para penggemar untuk melapor.
 
"Mass email to CSS! Subject email: Misuse of Artist Images in political campaigns," tulis akun @purplegreendks.
 
"Body email : dm or 'We expect legal action from CSS to reprimand all political parties who have misused the photos/video of the artist from Company Soo Soo in the campaign. We hope that Artists from Company SooSoo can't be mixed up with politics, both domestically and abroad.'."
 
"Send email to clean@companysoosoo.com."

4. Tanggapan Pihak Agensi D.O. EXO

Berdasarkan pantauan Medcom.id, pihak agensi Company SooSoo masih belum memberikan tanggapan atau respon terkait masalah penggunaan foto artisnya sebagau bahan kampanye politik. Sepertinya para penggemar juga sedang menunggu hal tersebut.

5. Baliho Sudah Diturunkan

Setelah kabar itu viral di media sosial, gambar itu pun terlihat telah diturunkan dari baliho dan tidak digunakan kembali. Hal itu pun disampaikan kembali oleh pemilik akun X @9301mydan, sang pembuat utas.
 
"Alhamdulillah dandanies badan bias kita udah ga ada dibaliho lagi!!!," tulis @9301mydan.

6. Harapan Penggemar K-pop dengan Idol K-pop Jadi Atribut Kampanye Politik

Para penggemar K-pop pun berharap tidak ada lagi baliho yang menggunakan idol K-pop sebagai bahan kampanye untuk ke depannya.
 
"Semoga ga ada baliho2 berikutnya!! Ini tadi pagi udah ga ada tapi baru sempet foto sore ini, makasih buat semuanya yg udah bantu ramein," pungkas @9301mydan dalam keterangan postingannya.
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ELG)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan