Selebgram Medina Zein. Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Selebgram Medina Zein. Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

3 Fakta Medina Zein Jadi Tersangka Kasus Pencemaran Nama Baik

Cindy • 06 Januari 2022 09:45
Jakarta: Selebgram Medina Zein ditetapkan sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan selebgram Marissya Icha. Medina Zein diduga menghina Marissya dan keluarganya. 
 
Pengacara Marissya Icha, Ahmad Ramzy, mengatakan unggahan Instagram Medina Zein yang menjadi permasalahan, ialah tudingan 'germo' dan 'ani-ani'. Menurutnya, tudingan Medina ke kliennya tidak berdasar. 
 
"Alhamdulilah hari ini laporan polisi tanggal 5 Sept 2021 LP/Nomor 5319/5Sept2021/SPKT PMJ telah ditingkatkan kasus terlapor atas nama MS alias MZ dari saksi terlapor menjadi tersangka," kata Ramzy di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Desember 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Lagi, Selebgram Medina Zein Dilaporkan Terkait Kasus Pengancaman
 
Berikut 3 fakta kasus pencemaran nama baik yang menjerat Medina Zein dirangkum tim Medcom.id:

1. Mediasi gagal

Polda Metro Jaya mengungkapkan mediasi antara kedua pihak yang berseteru gagal. Sehingga, perkara terus berlanjut dan Medina ditetapkan sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik.
 
"Penyidik sudah memberikan ruang untuk mediasi kepada mereka tapi ternyata tidak terdapat jalan perdamainan di situ, sehingga kasusnya berlanjut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. 
 
Hal serupa juga diungkapkan pengacara Marissya Icha, Ahmad Ramzy. Ramzy menyebut pihaknya telah melalui proses mediasi dua kali namun tidak menemukan titik temu. 
 
"Enggak ada proses mediasi kembali karena kita udah mediasi dua kali dan terakhir mediasi dinyatakan gagal," ucap Ramzy. 

2. Dua alat bukti

Penetapan tersangka terhadap selebgram yang pernah terjerat kasus narkoba itu dilakukan sesuai aturan hukum berlaku. Penyidik sudah mengantongi dua alat bukti. 
 
"Penetapan tersangka ini tentunya melalui proses, penetapannya dari segi hukum. Tentunya dua alat bukti sudah dimiliki penyidik," ucap Zulpan.
 
Baca: Medina Zein Dicecar 27 Pertanyaan Terkait Pencemaran Nama Baik

3. Lapor balik

Medina Zein melaporkan balik Marissya Icha terkait kasus dugaan pencemaran nama baik dan penghinaan. Kuasa hukum Medina Zein, Djamalluddin Koedoeboen, menjelaskan semua berawal dari unggahan Instagram Marissya Icha yang menyebut Medina menyogok seluruh prestasi yang dikantonginya selama ini. 
 
"Di dalam postingan itu bahwa penghargaan yang diperoleh klien kami itu, kata beliau, itu penuh dengan sogokan, dengan kata lain nembak atau gratifikasi," jelasnya. 
 
Marissya disangkakan Pasal 27 Ayat 3 juncto Pasal 45 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE atau Pasal 310 KUHP dan atau 311 KUHP. 
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif