Eros Djarot: Debby Nasution Musisi Jenius
Eros Djarot (Foto: Purba Wirastama)
Jakarta: Sineas, musisi, dan politisi Eros Djarot kenal dekat dengan mendiang Debby Nasution sejak aktif bermusik pada era 1979-an. Bagi Eros, Debby adalah ulama besar dan musisi jenius.

"Dia tak pernah menyebut dirinya ulama, tetapi pengetahuan dja jauh lebih besar dari pengakuannya. Dia mengaku seniman biasa, tetapi buat saya, dia seorang ulama besar," kata Eros usai mengantar pemakaman Debby di TPU Pasir Putih, Sawangan, Depok, Minggu, 16 September 2018.

"Dia juga seorang jenius di musik dan orang yang selalu enggak mau menonjolkan kemampuan. Itu ciri-ciri orang yang layak kita hormati," imbuhnya.


Menurut Eros, Debby jenius dalam musik karena menguasai sejumlah instrumen secara otodidak dan menangkap materi permainan musik dengan cepat. Dia tidak pernah punya riwayat belajar di sekolah musik formal.

"Dia cepat menangkap. Saya bilang Franz Liszt, (Frederic) Chopin, (Ludwig van) Bethooven, dia makan semua itu. Dia bisa belajar begitu saja. Gitar bagus, main piano bagus, main drum bagus, main bass bagus. Apa yang dia tidak bisa? Itulah orang yang punya bakat jenius," tutur Eros.

Eros dan Debby berkolaborasi pertama kali di Barong's Band (1976), album kedua dan terakhir dari grup musik bernama sama pimpinan Eros. Selain menjadi kibordis dan menulis salah satu lagu, Debby juga mengerjakan aransemen bersama Eros. Waktu itu, Eros berusia 25 tahun dan Debby enam tahun lebih muda.

Dengan riwayat kerja dan pertemanan selama empat dekade, Eros menganggap Debby sebagai saudara.

"Dia saudara saya, dia guru saya, kadang dia musuh berkreasi saya, kadang jadi kakak saya, kadang jadi murid saya. Jadi lengkap pergaulan saya dengan dia. Percintaan dia dari awal juga saya ikuti. Maka tadi waktu disuruh omong, ah gue enggak bisa omong," ungkapnya.

Debby terkena serangan jantung usai memberi ceramah agama di Masjid Al-Ikhlas Cipete Selatan, Cilandak. Dia segera dilarikan ke RS Mitra Setia, tetapi nyawa tak tertolong. Debby meninggal dalam usia 62 tahun.


 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id