Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

Konser Musik dan Bioskop Diprediksi Berangsur Normal pada Akhir 2021

Hiburan industri musik Artis dan Virus Korona
Agustinus Shindu Alpito • 12 Januari 2021 12:59
Jakarta: Pakar ahli penyakit menular terkemuka asal Amerika Serikat, Dr. Anthony S. Fauci, memprediksi bahwa aktivitas konser musik dan bioskop bisa kembali dibuka pada musim gugur 2021, atau sekitar bulan September 2021.
 
Efektivitas ini tergantung proses vaksinasi yang sudah dimulai pada tahun ini. Kendati demikian, Dr. Anthony tetap mengatakan besar kemungkinan pemberlakuan jarak fisik antar penonton dan penggunaan masker diberlakukan dalam konser atau di dalam ruang teater.
 
"Jika semuanya berjalan dengan baik, ini akan terwujud sekitar musim gugur 2021, pada awal hingga pertengahan musim gugur orang merasa aman untuk tampil di panggung, begitu juga para penonton," kata Fauci, dalam konferensi yang diadakan oleh Associatinon of Performing Arts Professionals, seperti dilansir dari Variety.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan prediksinya itu terkait dengan rencana vaksinasi yang mencapai angka 70 - 85 persen populasi. Hal lain yang dia sorot adalah gedung teater harus melakukan beberapa tindakan preventif jika tidak memiliki ventilasi yang memadai untuk sirkulasi udara. Mengingat virus corona mudah menyebar lewat udara.
 
Industri hiburan sendiri mengalami dampak besar akibat pandemi covid-19. Tempat hiburan dan berbagai aktivitas hiburan berhenti sejak Maret 2020. Amerika sendiri sedang mengurus UU Save Our Stages, sebagai bagian dari rancangan UU Bantuan Pemerintah akibat covid-19. Pemerintah AS akan memberikan bantuan USD10 miliar yang akan disalurkan kepada tempat-tempat konser independen di Amerika. Kendati dilakukan upaya penyelaman pada industri hiburan, situasi yang belum pasti saat ini tetap menjadi ancaman besar bagi industri.
 
Dr. Fauci juga mengatakan bahwa jika vaksinasi berhasil, maka gedung bioskop yang punya ventilasi udara baik bisa saja kembali beroperasi normal dengan kapasitas penuh.
 
 
(ASA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif