Jumpa pers Hatiku Indonesia di Hard Rock Cafe Jakarta, Sabtu, 6 April 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jumpa pers Hatiku Indonesia di Hard Rock Cafe Jakarta, Sabtu, 6 April 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jelang Pemilu 2019, Ruang Tengah Indonesia Rilis Video Musik Hatiku Indonesia

Hiburan yovie widianto
Cecylia Rura • 06 April 2019 20:44
Jakarta: Lima seniman lintas bidang dari komunitas Ruang Tengah Indonesia merilis video musik Hatiku Indonesia. Digagas Yovie Widianto, musisi senior tersebut mengajak Nino Kayam (RAN), Febridiansyah (Hivi), Eka Gustiwana (YouTuber), dan aktris Prisia Nasution.
 
"Lagu ini adalah karya dari Nino Kayam, Febri, dan saya. Kita sebenarnya cuma ingin share melalui lagu ini semoga bisa menginspirasi untuk saling menyayangi," kata Yovie Widianto dalam jumpa pers Hatiku Indonesia di Hard Rock Cafe Jakarta, Sabtu, 6 April 2019.
 
Pengerjaan lagu ini memakan waktu sekitar 2-3 hari. Yovie Widianto, Nino, dan Febri berunding melalui WhatsApp dalam menggabungkan lirik lagu Hatiku Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mengatasi kendala waktunya dengan tektokan via Whatsapp. Hampir benar-benar enggak pernah ketemu bertiga bareng-bareng. Mas Yovie bikin pianonya, dikirim, Nino coba didengerin. Terus coba bikin liriknya, dibikin. Terus kirim ke Febri juga, Febri bikin. Mas Yovie tinggal main puzzle saja naruh-naruh yang mana bagus di mana," kata Nino.
 
YouTuber Eka Gustiwana membantu dalam proses visualisasi. Beberapa potong gambar budaya Indonesia dikumpulkan. Termasuk, bunyi-bunyian alat musik tradisional seperti gamelan, angklung, dan sasando. Pemilihan Eka didasarkan karena dekat dengan teknologi. Eka juga mengajak selebgram Reynaldo, Feby, dan Ratih dalam video musik Hatiku Indonesia. Menariknya, proyek ini dikerjakan sukarela alias tidak berupah.
 
"Surprise-nya mereka semua membantu tanpa biaya apapun," kata Eka.
 
Aktris Prisia Nasution turut berkontribusi sebagai representasi wajah Indonesia. Dengan paras ayu, Prisia Nasution menyenakan busana bernuansa kedaerahan. Keterlibatan Prisia juga didukung visinya yang ingin mempertahankan kemajemukan di Indonesia.
 
"Aku basically apapun buat Indonesia, I'll go for it mau apapun itu dan dari lembaga manapun ngomongin soal kecerdasan bangsa kah, untuk persatuan bangsa, apapun aku benar-benar maju deh ketika ada Ruang Tengah Indonesia," kata Prisia.
 
Ruang Tengah Indonesia digagas oleh Yovie Widianto. Untuk saat ini, Ruang Tengah Indonesia berbasis platform sebagai ajang kumpul untuk melestarikan budaya Indonesia. Komunitas terbuka untuk kalangan umum.
 
Perilisan lagu Hatiku Indonesia sebagai bentuk ajakan untuk tetap damai di tengah kontestasi politik. Meski pilihan berbeda, komposer yang kerap merilis lagu-lagu pop melankolis itu berharap tidak ada yang terbawa perasaan berkepanjangan jika pilihannya kalah dalam Pemilu 2019.
 
"Lebih jauh lagi gagasan Ruang Tengah Indonesia ini tidak hanya untuk Pilpres tapi lebih kepada kumpulnya orang-orang kreatif, orang-orang yang menyayangi Indonesia apapun bentuknya," kata Yovie.
 

 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif