Jumpa pers proyek Indonesia Damai di Musica Studio's, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Mei 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jumpa pers proyek Indonesia Damai di Musica Studio's, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Mei 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Cerita di Balik Lagu Indonesia Damai yang Dinyanyikan Para Legenda

Hiburan musik indonesia
Cecylia Rura • 24 Mei 2019 13:27
Jakarta: Vokalis band, Rian D'Masiv memelopori proyek lagu kolaborasi Indonesia Damai bersama sejumlah artis Indonesia di bawah naungan label Musica Studios. Lagu ini berawal dari obrolan singkat Rian dan Titiek Puspa, berkaca dari kondisi Indonesia yang belum lama ini memanas karena politik.
 
"Awalnya Rian pingin bisa kolaborasi sama Eyang Titiek, terus eyang bilang ayo bikin lagu yang bisa mendamaikan semua. Ya kita tahu sendiri beberapa tahun belakangan banyak guncangan," kata Rian dalam jumpa pers Indonesia Damai di Musica Studio's, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Sekilas, konsep lagu ini pernah dibawakan Rian lewat iringan gitar di depan Titiek Puspa. Lirik dan notasi ditulis pada momen yang sama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Titiek Puspa berharap, proyek lagu ini dapat mendamaikan suasana Indonesia yang tengah terpecah belah.
 
"Walaupun kita tidak harus berbuat seperti orang-orang pandai itu, tapi kita punya lini sendiri, punya jalan sendiri untuk bagaimana mencintai negeri ini dengan sejujur-jujurnya," kata Titiek.
 
"Apa yang bisa saya bantu, saya cuma penyanyi biasa. Ya sudah ayo bareng-bareng nyanyi," kata Iwan Fals.
 
Rian berharap, lagu ini bisa menjadi pemersatu bangsa yang kian terpecah belah karena sulit menerima perbedaan. Merujuk pada judul lagu, Indonesia Damai, proyek ini dapat menjadi kekuatan perdamaian.
 
"Kita dengar lagu John Lennon yang Imagine atau Heal The World Michael Jackson bisa mengubah dunia, mengubah mindset orang. Mudah-mudahan dengan adanya lagu ini bisa mengubah mindset orang bahwa kita ini Indonesia, kita enggak boleh lagi ada merasa kita paling hebat," kata Rian.
 
Aksi 22 Mei kemarin menjadi salah satu pemantik proyek ini berjalan bersama sejumlah musisi. Vina Panduwinata ikut berduka melihat Indonesia ricuh di momen bulan puasa.
 
"Ada kejadian seperti ini saya rasa kita punya rasa tanggung jawab untuk saudara-saudara kita untuk jangan melakukan hal ini apalagi di bulan suci. Makanya kita harus melakukan sesuatu," ungkap Vina.
 
Lagu Indonesia Damai melibatkan sejumlah musisi lintas generasi di antaranya Iwan Fals, Titiek Puspa, Vina Panduwinata, Ebiet G. Ade, Fika, D'Masiv, Momo, Giring Ganesha, Nidji, Zara Leola, Maizura, Regina Poetiray, dan sejumlah musisi lain.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif