Ipang (Foto: instagram Ipang Lazuardi)
Ipang (Foto: instagram Ipang Lazuardi)

Ipang Cerita Proses di Balik Terciptanya Lagu Ada Yang Hilang

Hiburan ipang
Dhaifurrakhman Abas • 20 Mei 2020 11:24
Jakarta: Musisi Ipang Lazuardi mengaku senang diajak berkolaborasi mengisi soundtrack dalam sebuah karya film layar lebar. Ini merupakan impiannya sejak lama.
 
"Saya memang kepengin bikin soundtrack sejak zaman (band) Plastik dulu," kata Ipang dalam diskusi Shindu's Scoop - Sua Virtual di Instagram @medcomid, Selasa 19 Mei 2020.
 
Keinginan itu terwujud ketika sutradara Upi Avianto mengajaknya menggarap soundtrack film Realita, Cinta dan Rock'n Roll (2006). Tanpa banyak cakap, Ipang yang saat itu telah hengkang dari band Plastik langsung menerima pinangan sang sutradara.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika diajak Upi, langsung saya okein. Soundtrack pertama saya di film Realita Cinta," papar dia.
 
Kolaborasi tersebut menghasilkan sejumlah lagu yang dipakai buat film itu di antaranya, Ada Yang Hilang, Tentang Cinta, Gak Ada Takutnya serta lainnya. Ipang kemudian menceritakan bagaimana ide kreatif di balik pembuatan lagu soundtrack film tersebut.
 
"Membuat lagu soundtrack itu, saya harus memahami kareakter tokohnya di film, situasi kondisi yang terjadi, problema yang ada di film itu. Lalu saya pahami dan hafalin karakter pemainnya, baru saya tulis tentang itu," ujar Ipang
 
Dia mencontohkan pada salah satu lagu yang paling ikonik di film Realita, Cinta dan Rock'n Roll (2006) berjudul Ada Yang Hilang. Materi lagu tercipta dari konflik cinta segitiga yang terjadi di antara Vino G Bastian, Herjunot Ali dan Nadine Chandrawinata yang merupakan bintang di film itu.
 
"Saya bikin lagu itu ketika Vino, Junot dan Nadine saling jatuh cinta. Cinta segitiga, tapi mereka gengsi mengutarakan perasaannya. Kalau menurut saya, kalau mereka jatuh cinta, ada sisi yang hilang, antara cinta yang satu dan perasaan persahabatannya. Poin itu yang sama ambil dari Ada Yang Hilang dari perasaanku," tandas dia.
 
Realita, Cinta dan Rock'n Roll merupakan film garapan sutradara Upi Avianto yang dirilis tahun 2006. Film ini dibintangi oleh Herjunot Ali, Vino Bastian, Nadine Chandrawinata serta aktor laga senior Barry Prima.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif