Iwan Fals (Foto: medcom)
Iwan Fals (Foto: medcom)

Iwan Fals Ciptakan Lagu Terinspirasi Tragedi Kanjuruhan, Liriknya Menyayat Hati

Medcom • 06 Oktober 2022 11:45
Jakarta: Insiden terbesar dalam sejarah pertandingan sepak bola yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu menelan ratusan korban jiwa. Dari insiden yang menyayat hati para penggemar bola seluruh dunia itu menginspirasi musisi Iwan Fals menciptakan lagu berjudul "Kanjuruhan".
 
Belum sepekan dari tragedi mematikan tersebut, Iwan Fals telah merampungkan lagunya tersebut pada Rabu, 5 Oktober 2022. Lagu tersebut rampung dengan proses yang cukup singkat dan sudah dirilis di kanal YouTubenya.
 
Dalam sehari dari tanggal perilisannya, lagu ini telah ditonton lebih dari 150 ribu kali. Dengan aransemen musik yang minimalis, lirik yang menyentuh di dalamnya didedikasikan untuk ratusan orang yang meninggal dunia dalam kejadian tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kanjuruhan banyak ajarkan / tentang kebersamaan, tentang kepedulian / bunga-bunga yang bermekaran / disirami air mata dan doa-doa," lantun Iwan lembut.
 
"Pergi-pergilah kau dengan senang hati / tak ada yang pernah siap melepasmu / salam satu jiwa untuk prestasi / salam penuh cinta untuk dunia," lanjut lagu tersebut.
 
Menuju bridge lagu, Iwan Fals juga menyertakan julukan Arema yakni Singo Edan sebagai bagian dari liriknya.
 
"Aum Singo Edan / Rindu kasih sayang, rindu serindu-rindunya," bunyi lirik tersebut.
 
Gaya musik khas balada yang ditawarkan di dalam lagu Kanjuruhan ini semakin menunjukkan klimaks. Iwan Fals seakan mengamuk usai ratusan nyawa harus pergi sia-sia.
 
"Malang nian ratusan jiwa melayang / terinjak-injak kaki saudaranya sendiri / Malang nian gas air mata melayang / nafas tersedak sesak di ruang terkunci," rintih Iwan.
 
"Malang nian engkau duhai sayang / Tapi kuyakin "Tuhan tunjukkan jalan" / Malang nian engkau wahai sayang / Tapi kuyakin jalanmu kan terang benderang," tegas Iwan Fals memekikkan nada tinggi di bagian syair ini.
 
Dalam akun Twitter pribadinya, Iwan Fals terus menyoroti kasus tragedi di Stadion Kanjuruhan dalam beberapa hari terakhir. Salah satunya, ia menyoroti penanganan kasus tragedi yang diselidiki Tim Gabungan Independen Pencari Fakta.
 
"Nah ya begitu. Jangan kayak kasus Sambo. Kelamaan," tulis Iwan Fals di Twitter, Selasa, 4 Oktober 2022, menampilkan tangkapan layar judul berita terkait.
 
Dalam cuitan sebelumnya, Iwan Fals juga mengirimkan doa tanda duka untuk para keluarga korban tragedi tersebut. Ia juga berharap tragedi tersebut segera diusut tuntas dan tak terulang kembali.
 
"Semoga keluarga dan handai taulan yg ditinggalkan kuat dan tabah menjalaninya. Usut tuntas tragedi ini agar tak terulang lagi di kemudian hari. Sebagai pecinta sepakbola saya merasa sedih sekali," tulis Iwan.
 
(Raja Alif Adhi Budoyo)
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif