Iwan Fals Salut dengan Perkembangan Musik Indie di Indonesia

Cecylia Rura 05 Desember 2018 19:54 WIB
iwan fals
Iwan Fals Salut dengan Perkembangan Musik Indie di Indonesia
Iwan Fals. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jakarta: Kebebasan bermusik di luar label komersil kini tampak naik daun. Musisi senior Iwan Fals melihat perkembangan ini dari para musisi independen di Tanah Air yang sukses memiliki pasar musik sendiri.

"Banyak sekali bakat-bakat yang bagus. Sastra, syair-syair yang bagus. Musik yang bagus. Militansi untuk memperkenalkan diri. Itu masa depan Indonesia dari musik indie," papar Iwan Fals kepada Medcom.id di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu 5 Desember 2018.

Musisi yang tetap eksis bermusik dalam tiga dekade itu bahkan menggemari sejumlah musisi indie yang tak jarang menyuarakan musik-musik kemanusiaan.


"Iksan Skuter, Jason Ranti, Barasuara, Efek Rumah Kaca, banyak," imbuhnya dengan sambutan antusias ketika berbicara soal musik indie.

Tahun depan, rencananya Iwan Fals juga berkolaborasi dengan para musisi indie. "Di rumah selalu ada acara kan untuk konser situs budaya. Selalu ada bintang-bintang tamu. Ke depan tahun 2019 banyak musisi indie," ujarnya.

Berkaca dari kolam musik Indonesia sekarang, Iwan Fals berharap anak bangsa tetap optimis bermusik. "Selalu ada jawaban untuk kehidupan. Di mana ada jawaban, di situ ada kehidupan. Jadi, tetap optimis," pungkasnya.

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id