Djaduk Ferianto (Foto: Medcom.id/Shindu)
Djaduk Ferianto (Foto: Medcom.id/Shindu)

Harapan Djaduk yang Belum Terwujud, Kolaborasi dengan Rhoma Irama

Hiburan djaduk ferianto musisi meninggal
Agustinus Shindu Alpito • 13 November 2019 16:06
Jakarta: Kepergian seniman serba bisa Djaduk Ferianto sungguh mengagetkan kita semua. Djaduk berpulang pada Rabu, 13 November 2019. Almarhun dikenal sebagai salah satu musisi yang punya andil besar dalam memasyarakatkan genre jazz, juga musik tradisi.
 
Dalam wawancara dengan Medcom.id beberapa waktu lalu, Djaduk sempat mengutarakan keinginannya untuk dapat berkolaborasi dengan Raja Dangdut Rhoma Irama.
 
"Saya punya mimpi bekerjasama dengan Rhoma Irama. Beliau punya energi 'Inilah Indonesia.' Kalau kita baca dari aspek historisnya, kita kord nya minor. Melankoli. Ketika orang jazz malu dengan dangdut, dia menipu dirinya. Karena di dalam darah orang Indonesia, ada rhytm dangdut pasti ingin bergoyang. Tapi kadang malu," kata Djaduk.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, kolaborasi itu belum sempat terwujud. Djaduk sempat membayangkan, jika kolaborasi itu terjadi, akan melahirkan karya yang menarik.
 
"Saya pengin, kolaborasi. Saya rasa akan menemukan sesuatu yang warnanya baru. Saya lihat 'kenakalan' Rhoma di awal, sepertinya sama dengan saya. Deep Purple dia dulu kuat. Di dalam dangdut ada ruang-ruang sosial yang macam-macam. Di situlah tempat kita belajar bersama."
 
Sepanjang kariernya sebagai musisi, Djaduk dikenal sebagai sosok yang luwes dalam berkolaborasi. Dia kerap melakukan eksperimen kolaborasi dengan beragam genre dan instrumen musik. Membuat musik tradisi dan juga musik jazz terdengar lebih akrab dan inklusif.
 
Wawancara eksklusif Djaduk Ferianto dapat dibaca di sini.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif