5 pencipta lagu lawas, Papa T. Bob, Wahyu WHL, Rudy Loho, Youngky RM, dan Ryan Kyoto (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia P)
5 pencipta lagu lawas, Papa T. Bob, Wahyu WHL, Rudy Loho, Youngky RM, dan Ryan Kyoto (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia P)

Dugaan Pelanggaran Hak Cipta, 3 Rumah Karaoke Diadukan ke Polisi

Hiburan inul daratista
Anindya Legia Putri • 03 November 2015 17:47
medcom.id, Jakarta: Lima pencipta lagu lawas, yaitu Papa T. Bob, Wahyu WHL, Rudy Loho, Youngky RM, dan Ryan Kyoto, melaporkan tiga rumah karaoke ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Selasa, (3/11/2015), terkait pelanggaran hak cipta.
 
Kuasa hukum Hulman Panjaitan, SH, menjelaskan bahwa laporan ini dilakukan karena ketiga rumah karaoke yakni Inul Vizta, Happy Puppy, dan Naff Karaoke, tidak menggubris somasi yang sebelumnya telah mereka sampaikan.
 
"Sebelumnya kami telah menjatuhkan somasi kepada Inul Vizta, pada 22 September 2015. Namun, tidak ada tanggapan. Akhirnya, kami membuat laporan secara pidana kepada pihak berwajib," ujar Hilman, saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Hulman, ketiga rumah karaoke tersebut diduga melakukan pelanggaran hak cipta, khususnya mechanical right atau penggandaan lagu tanpa izin.
 
"Yang kita laporkan adalah pelanggaran hak cipta di bidang mechanical, bukan performing. Mereka sudah izin untuk performing rights. Tapi untuk mechanical atau penggandaan, belum diberikan kepada siapa pun," paparnya.
 
Baca juga: Inul Vizta Digugat 5 Pencipta Lagu Lawas
 
Dibeberkan Hulaman, seharusnya ketiga rumah karaoke itu membayar royalti sekitar Rp5 miliar karena diduga sudah 10 tahun menggandakan puluhan lagu.
"Yang pasti, bukti sudah kita kantongi. Kita tunggu arahan berikutnya," ujar Hulman.
 
Jika terbukti bersalah, ketiga rumah karaoke tersebut terancam hukuman pidana maksimal 4 tahun dan denda maksimal Rp1 miliar, berdasarkan pasal 113 ayat (3) UU No 28 tahun 2014 tentang hak cipta, terkait penggandaan materi tanpa izin.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif