Pendataan koleksi Lokananta (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Pendataan koleksi Lokananta (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Lokananta Luncurkan Situs Arsip Musik Digital

Hiburan musik indonesia arsip musik
Agustinus Shindu Alpito • 29 Januari 2016 19:16
medcom.id, Jakarta: Pesona dan sejarah panjang perusahaan rekaman Lokananta sempat terlupakan oleh khalayak. Tetapi kini, upaya untuk mengabadikan sejarah dan arsip musik Lokananta digalakan lewat sebuah situs, www.lokanantamusik.com.
 
"(Digitalisasi) Upaya penting untuk melestarikan sekaligus menggali sejarah Lokananta yang sarat akan kreativitas dari era analog, merupakan modal yang tak ternilai bagi keberlangsungan kegiatan dunia musik ke depannya," ungkap Candra Darusman, musisi yang aktif pada isu-isu hak cipta, seperti tertulis dalam siaran pers yang Metrotvnews.com terima.
 
Pada tahap awal, situs perpustakaan digital Lokananta akan menyuguhkan koleksi rekaman yang sudah diubah ke format digital. Pengakses bisa mendengarkan audio dengan durasi 50 persen dari durasi asli. Selain itu, situs juga menampilkan galeri foto dan kumpulan artikel terkait Lokananta.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk tahap awal, akan ada sekitar 20 lebih album dari kurun waktu 1956-1970. Jumlah ini akan terus diperbarui setiap minggu," jelas Yerikho Naektua selaku perancang pustaka digital.
 
Lokananta mulai berdiri pada 1956 di Solo, Jawa Tengah. Perusahaan rekaman ini diinisiasi oleh tokoh nasional R. Maladi bersama R. Oetojo Soemowidjojo dan R. Ngabehi Soegoto Soerjodipoero.
 
Rekaman lagu kebangsaan Indonesia Raya dan rekaman pidato Bung Karno saat pembukaan Konferensi Asia Afrika pertama disimpan di Lokananta. Dengan adanya akses arsip digital, masyarakat bisa menelusuri kembali sejarah Indonesia dalam format audio.

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif