"#SMEntertainment mengumumkan perjanjian untuk membuat perusahaan joint venture dengan #CTGroup, salah satu perusahaan Indonesia terbesar di sektor media, keuangan dan retail, SM juga mengumumkan rencana kolaborasi antara #SuperJunior dan penyanyi Indonesia ternama, #Rossa," bunyi cuitan akun Twitter resmi @SMTOWN, Kamis, 21 Februari 2019.
Kolaborasi ini tentu menjadi jawaban para ELF (penggemar Super Junior) yang merindukan aksi panggung Leeteuk Squad. Terakhir kali mereka berkunjung ke Indonesia saat menjadi penampil dalam Asian Games pada Agustus tahun lalu. Beberapa singel everlasting Super Junior yang masih tertanam di benak pecinta K-pop di antaranya Mr. Simple, Bonamana, Sorry Sorry, dan No Other.
Super Junior dengan formasi silih berganti dapat dikatakan sebagai pembuka jalan grup K-pop dikenal di Indonesia. Pasalnya, sejak mereka hadir pada 2000-an, beberapa artis peranakan SM Entertainment seperti SHINee dan EXO ikut menarik perhatian Indonesia hingga menimbulkan dampak hallyu wave. Jejak ini pun disusul bendera agensi lain seperti YG Entertainment dan JYP Entertainment.
Rossa sebagai solois perempuan senior di Indonesia dapat dikatakan seorang diva dengan beberapa karya yang sukses meledak. Lagu-lagu melankolis seperti Aku Bukan Untukmu, Tegar, Atas Nama Cinta, dan Ayat-Ayat Cinta sukses membius penggemarnya.
Kerja sama ini pun sebagai bentuk pengembangan musik pop di Indonesia mulai dari dapur produksi hingga implementasi kultur kerja.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id