BTS. (Foto: Dok. Spotify)
BTS. (Foto: Dok. Spotify)

BTS dan Blackpink Terbanyak Diputar di Spotify Selama 6 Tahun Terakhir

Hiburan spotify BTS blackpink
Cecylia Rura • 25 Februari 2020 17:04
Jakarta: Gelora K-Pop tampaknya cukup lama bertahan selama enam tahun terakhir. Dalam laporan resmi platform streaming music Spotify, pengguna Spotify dunia menambahkan lebih dari 96 juta playlist.
 
Dalam 90 hari terakhir, Indonesia menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat yang paling banyak memutar K-Pop. Filipina menempati peringkat ketiga, disusul Jepang, Brasil, Meksiko, Thailand, Malaysia, Kanada, dan Singapura.
 
Dalam enam tahun terakhir periode Januari 2014 hingga Januari 2020, BTS menjadi grup musik dengan lagu yang paling sering diputar di Spotify seluruh dunia. Blackpink menempati peringkat kedua, disusul EXO, TWICE, Red Velvet, Big Bang, Seventeen, Monsta X, iKON, dan NCT 127.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak jauh berbeda dengan data tersebut, BTS dan Blackpink pun menempati urutan pertama dan kedua dengan lagu terbanyak yang diputar di Spotify Indonesia, periode Januari 2014 hingga Januari 2020. Peringkat ketiga ada EXO, TWICE, Red Velvet, iKON, Seventeen, Day6, Big Bang, dan IU.
 
Untuk lagu terpopuler di Spotify seluruh dunia periode Januari 2014 hingga Januari 2020, BTS dan Blackpink bersaing ketat dalam 10 lagu terpopuler.
 
Singel Boy with Luv dari BTS ft. Halsey menempati posisi teratas dengan diputar lebih dari 380 juta kali. Teratas kedua singel Kiss and Make Up dari Blackpink dan Dua Lipa. Fake Love (BTS) menempati posisi ketiga, disusul Kill This Love (Blackpink), DNA (BTS), Ddu-du Ddu-du (Blackpink), Blood Sweat & Tears (BTS), Gangnam Style (PSY), Solo (Jennie Blackpink), dan As If It's Your Last (Blackpink).
 
Tampaknya, di Indonesia sendiri didominasi pendengar musik Blackpink dalam 10 singel terpopuler di Spotify Indonesia, meski singel Boy with Luv dari BTS ft. Halsey memimpin di posisi teratas.
 
Teratas kedua ada singel Solo dari Jennie Blackpink, disusul Way Back Home (ft. Conor Maynard) dari Sam Feldt dan SHAUN. Ddu-du Ddu-du (Blackpink) menempati posisi keempat, diikuti Kill This Love (Blackpink), Kiss and Make Up (Blackpink ft. Dua Lipa), As If It's Your Last (Blackpink), Love Scenario (iKON), Fake Love (BTS), dan Forever Young (Blackpink).
 
Data Spotify juga menuliskan, 73 persen pendengar K-Pop adalah Perempuan. Hingga Februari 2020 K-Pop telah diputar lebih dari 41 miliar kali. 53 persen pendengar K-Pop berusia 18-24 tahun dan 73 persen pendengarnya adalah perempuan.
 
Spotify beroperasi di 79 negara. Pertumbuhan streaming terbesar periode Januari 2019 hingga Januari 2020 menunjukkan peningkatan streaming terjadi terbanyak di Mesir (33 persen), Vietnam (30 persen), Prancis (13 persen), dan Kolombia (8 persen). Data statistik lengkap merujuk laman resmi For The Record.
 
Spotify merilis Spotify khusus K-Pop pertama yakni K-Pop Daebak pada 2014. Setidaknya dalam periode enam tahun terakhir tersebut, pendengar K-Pop dan playlist K-Pop Daebak telah memiliki lebih dari 2,4 juta pengikut. Sejak 2014, K-Pop telah diputar lebih dari 134 miliar menit di Spotify.
 
"K-Pop merupakan genre musik Asia pertama yang dapat beresonansi sangat baik dengan para pendengar musik di seluruh dunia. Para penggemar K-Pop adalah satu di antara kelompok penggemar yang paling bersemangat dan aktif," ungkap Kossy Ng, Head of Artist and Label Marketing dalam keterangan tertulisnya.
 
"Cara fandom K-Pop berkomunikasi dan terhubung satu sama lain sangatlah berbeda. Tak diragukan lagi popularitas K-Pop akan terus tumbuh dan kami Spotify sangat bersemangat untuk terus mendorong pengguna menemukan musik favorit mereka dan menghubungkan artis K-Pop dengan penggemar di seluruh dunia," lanjutnya.
 
Pada 2015, Spotify merilis genre hub untuk para pendengar K-Pop. Hub K-Pop memuat sekumpulan playlist meliputi berbagai genre termasuk artis yang tengah naik daun, kolaborasi antar artis, hingga original soundtrack dari film dan drama televisi Korea.
 
Secuplik Prestasi BTS
 
Lagu-lagu dari grup K-Pop BTS paling banyak diputar dalam Spotify. Pada September 2017, BTS menjadi K-Pop pertama yang masuk dalam Global 50 Chart Spotify berkat singel DNA. Pada 2019, BTS menjadi artis Asia pertama dengan lagu yang telah diputar lebih dari 5 miliar kali di Spotify.
 
Sejak dirilis April 2019, singel Boy with Luv bersama Halsey menjadi singel yang paling sering diputar lebih dari 380 juta kali. Prestasi ini diraih kurang dari setahun.
 
Terbaru pada Februari 2020, lagu-lagu BTS diputar lebih dari 8 miliar kali. Sepanjang 2019, Spotify mencatat lagu-lagu mereka telah diputar lebih dari 3 miliar kali.
 
Forbes rilisan Jumat, 21 Februari 2020 mencatat album terbaru BTS Map of the Soul: 7 terlaris secara global, merujuk Chart Data. Pre order album terjual 4,02 juta secara global, diprediksi angka asli bisa di atas 4 juta album. Penjualan album tersebut dinobatkan tercepat tahun ini.

 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif